01 Oct 2020, 20:49Kandungan

Keguguran dan perdarahan pakah wajar?

JI
Info Penanya: JI0
Malam dok saya mau tanya saya mengalami keguguran di tg 24 Agustus lalu tapi masih pendarahan dan keluar gumapalan sampai sekarang dan makin banyak. apakah itu wajar dok?
382 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, JTerima kasih atas pertanyaan AndaAbortus atau keguran adalah keluarnya janin dari dalam rahim sebelum usia kehamilan 20 minggu. Kondisi ini bisa disebabkan karena adanya kelainan pada jainin ataupun ada kondisi lain pada kesehatan ibu sehingga janin tidak mampu mempertahankan diri di dalam rahim. Abortus terdiri darai berbagai macam jenis sesuai dengan hasil pemeriksaan dan gejalanya. Seperti abortus imminens (ancaman), abortus insipien, abortus inkomplit dan abortus komplit.

Adapun secara umum tanda dan gajala dari abortus adalah:

  • Nyeri pada perut bagian bawah
  • Keluar bercak darah 
  • Keluar gumpalan darah / jaringan dari hasil konsepsi (calon janin)
Terkait dengan keluhan Anda, apabila Anda mengalami abortus pada tanggal 24 Agustus 2020, dan sampai saat ini (2 Oktober 2020) masih mengeluarkan darah berupa gupalan maka kondisi yang tidak wajar. Sehingga, alangkah baiknya bila Anda segera memeriksakan diri ke dokter pesialis kandungan terdekat untuk dilakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG kehamilan. Dengan tujuan untuk mengetahui kondisi Anda serta penyebab dari perdarahan yang terjadi. Hal tersebut akan menentukan tindakan yang akan dilakukan oleh dokter, apakah perlu melakukan tindakan kuretase ataukah hanya dengan pengobatan saja.Tetap konsumsi makanan sehat bergizi, hindari stres dan kelelahan, lakukan istirahat tirah baring, jaga kebersihan area kewanitaan dan segera lakukan pemeriksaan.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kehamilankeguguranabortus imminensabortus inkomplitabortus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil