Kenapa haid berkepanjangan setelah berhenti KB?

N Info Penanya: N, Pria
Mlm dok,nma saya Imel usia 31 ThunSya udh 4th KB,dgn gonta-gnti KB 2th suntik 3bln 1thn suntik yg sbln dan 1thn KB pil,skrg udh 2bln saya berhnti KB,tp knp udh 3 mggu ini mens mlh gk brhnti apalagi klo Lg BAK darahnya kluar byk?tp gk Ada gejala lain yg Aya rasakan,mmg sblmny pas sya KB pil klo lupa mnum sllu kluar drah klo sya mnum darahnya lsg brhnti tp klo lupa mnum pst kluar lg drahnya apakah hal ini wajar dok?trus saya hrs gmn?mohon penjelasannya..mksh??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N.

KB (Keluarga Berencana) adalah program pemerintah untuk mengendalikan jumlah populasi, dimana metode yang digunakan disebut dengan kontrasepsi. Ada dua jenis kontrasepsi, yaitu alami (tanpa alat) dan buatan (dengan alat). Kontrasepsi buatan terbagi lagi menjadi dua, yaitu non-hormonal dan hormonal.

Beberapa contoh kontrasepsi hormonal adalah implan, pil, dan suntik. Sesuai namanya, kontrasepsi hormonal mengandung hormon sintetik, yang memengaruhi produksi hormon alami tubuh sehingga dapat menunda kehamilan. Perubahan hormon alami tubuh akan memicu beberapa efek samping, bahkan setelah berhenti menggunakan kontrasepsi hormonal, di antaranya:

  • Siklus haid atau menstruasi yang berubah, bisa memanjang, memendek, atau bahkan terhenti
  • Nyeri pada bagian payudara dan perut
  • Perubahan nafsu makan yang berefek pada naiknya berat badan
  • Perubahan gairah seksual
  • Produksi lendir vagina yang bertambah atau berkurang
  • Emosi yang naik turun (mood swing)

Jadi, kemungkinan besar haid berkepanjangan yang Anda alami disebabkan karena produksi hormon tubuh Anda yang belum stabil pasca penggunaan kontrasepsi, ya. Anda dapat melakukan pola hidup sehat agar hormon lebih cepat kembali seimbang, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, tidur cukup, rutin olahraga, dan mengendalikan tingkat stres.

Selain itu, disarankan Anda juga berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG dan laboratorium. Dengan demikian, bisa diketahui apakah yang Anda alami murni karena perubahan hormon, atau ada sebab lainnya seperti kista ovarium atau mioma uteri. Apabila sudah dipastikan penyebabnya, dokter dapat memberikan terapi yang sesuai. 

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan kontrasepsi darurat biasanya dipilih jika alat kontrasepsi yang biasanya digunakan tidak efektif mencegah kehamilan

Mengenal Kontrasepsi Darurat untuk Menunda Kehamilan

Kontrasepsi darurat adalah alat kontrasepsi yang dapat digunakan segera setelah melakukan hubungan seksual untuk mencegah kehamilan. Kontrasepsi darurat terbagi menjadi dua jenis, yaitu bentuk pil dan IUD atau spiral.