31 Dec 2020, 15:33Kulit & Kelamin

Apa penyebab vagina sakit dan berdarah setelah berhubungan seksual ?

N
Info Penanya: N, Wanita, 35 Tahun
Dok, saya baru menikah dan baru semalam melakukan hubungan intim pertama kali. Saat melakukan seks terasa nyeri dan keluar darah, memang suami saya sepertinya terburu2 dan saya belum sepenuhnya terangsang. Setelahnya pun saat buang air kecil keluar darah. Dan sampai keesokan harinya masih keluar flek dan darah berwarna pink cerah dalam selang beberapa jam tapi saat buang air kecil sudah tidak keluar darah. Apakah ini normal atau terjadi luka saat saya melakukan seks dok?
1191 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, N.Berhubungan seksual merupakan sesuatu hal yang istimewa terlebih untuk pertama kali. Berhubungan seksual selain bermanfaat untuk kepuasan secara batin, hal ini juga berguna untuk meningkatkan keharmonisan antar pasangan, hubungan seksual juga dapat mengurangi stress, membakar kalori, meningkatkan aliran darah dan denyut jantung. Namun ada kalanya seorang wanita merasakan sakit saat berhubungan seksual sehingga membuat wanita tersebut menjadi trauma dan "ogah-ogahan" saat diajak berhubungan seksual.

Apa penyebab vagina sakit dan berdarah setelah berhubungan seksual ?

Penyebab vagina sakit dan berdarah setelah berhubungan seksual antara lain :
  • Kondisi tubuh yang tidak rileks saat berhubungan seksual, bisa karena sedang kelelahan, stress, banyak pikiran, rasa cinta yang berkurang terhadap pasangan.
  • Lecet pada vagina akibat hubungan seksual yang dimulai secara buru-buru, tidak melakukan foreplay terlebih dahulu, sehingga pelumas alami yang dihasilkan baik oleh vagina maupun penis tidak optimal, vagina menjadi kering dan mencetuskan luka lecet pasca berhubungan seksual.
  • Gangguan hormon menjelang terjadinya menstruasi yang disebut dengan premesntrual syndrome dimana keluar flek kecoklatan dari vagina.
  • Periode menstruasi yang sedang berlangsung dengan jumlah haid yang tidak banyak seperti biasanya.
  • Infeksi saluran kemih dan infeksi organ reproduksi akibat penyakit menular seksual seperti sifilis atau raja singa.
Pengantin baru memang perlu banyak komunikasi yang dilakukan antar pasangan. Apa yang dirasakan, apa yang disukai, apa yang diinginkan harus disampaikan dengan baik kepada pasangan, termasuk berhubungan seksual. Berhubungan seksual dimana saat kedua pasangan siap, maka . Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berhubungan, agar kehidupan seksual dan rumah tangga menjadi lebih harmonis dan lebih intim lagi kedepannya. Jika nyeri saat berhubungan terus Anda rasakan, diikuti pengeluaran darah yang banyak serta berbau, segera ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya hapsari.
manfaat hubungan sekspendarahan saat sekspenyakit menular seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil