Pendarahan ringan pasca berhubungan seks saat hamil, bahayakah?

DF Info Penanya: DF, Wanita, 22 Tahun
Sore dok..Saya mau tanya.. saya sedang hamil 4 bulan,saat saya hamil di trimester 1 pernah mengalami flek hampir 1 Minggu di hamil ke 4bln ini saya mengalami pendaharan ringan saat berhubungan dg suami saya,, itu berbahaya / tidak ya dok ?Sempat berhenti 1 hari tidak keluar / flek.. tp selang 1 hari keluar lgi ... Mohon jawabannya ? Terima kasih dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Perdarahan saat kehamilan merupakan hal yang wajar terjadi apalagi saat trimester pertama. Memasuki trimester kedua, perdarahan tidak akan terjadi. Namun, perdarahan bisa terjadi setelah melakukan hubungan seks dengan pasangan. Jika darah yang keluar tidak banyak, maka kondisi tersebut bukanlah kondisi yang gawat darurat. 

Ada beberapa penyebab munculnya perdarahan setelah melakukan hubungan seks saat sedang hamil, yaitu:

  • Kondisi rahim yang menjadi sensitif.
  • Pecahnya pembuluh darah halus karena saat sedang hamil, suplai darah ke vagina dan leher rahim meningkat.
  • Polip rahim.

Pada umumnya, melakukan hubungan seks saat kehamilan merupakan kondisi yang cukup aman dilakukan. Tetapi, jika Anda memiliki riwayat keguguran berulang, riwayat melahirkan bayi prematur, perdarahan melalu vagina, riwayat gangguan pada posisi plasenta, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan Anda apakah aman untuk berhubungan seks atau tidak.

Terkait gejala yang Anda alami ini, kemungkinan bukan sesuatu yang berbahaya. Tetapi, untuk memastikannya, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan agar dilakukan pemeriksaan USG, dll.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan kutil kelamin antara lain bisa dilakukan dengan menggunakan gel lidah buaya.

Cara Menghilangkan Kutil Kelamin dengan Bahan-bahan Alami

Jangan buru-buru menggunakan obat-obatan untuk mengatasi kutil kelamin. Sebab, ada sederetan bahan alami yang bisa Anda coba sebagai cara menghilangkan kutil kelamin. Salah satunya adalah bawang putih, si bumbu dapur yang mudah dijumpai.