29 Oct 2021, 05:46Kandungan

Apakah normal selaput dara robek tetapi tidak berdarah?

RM
Info Penanya: RM0
Dok kenapa saya tidak bisa mengeluarkan darah saat melakukan hubungan seks dengan suami saya padahal saya tidak pernah sama sekali melakukan hubungan itu dengan siapa pun saya sering kali di tuduh yang engga enggaa sama suami saya bisa tolong di jelaskan dok kenapa saya tidak bisa mengeluarkan darah saat melakukan hubungan seks pertama kali dan apakah hal ini bisa di cek dok di bidan?
184 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, RTerima kasih atas pertanyaannya.Perdarahan pada pertama kali hubungan intim berkaitan dengan selaput dara wanita.  Selaput dara adalah suatu lapisan yang berada di liang vagina dengan bentuk dan tebal yang berbeda-beda.  Selaput dara ini sering dikaitkan dengan adanya robek pada selaput dara artinya wanita pasti sudah tidak perawan dan sudah berhubungan intim, padahal tidak seperti itu.  

 Penyebab adanya robekan selaput dara :

  • Aktivitas seksual berupa hubungan intim atau memasukkan benda ke vagina. 
  • Faktor kecelakaan berupa benturan. 
  • Melakukan olahraga sejenis berkuda, bersepeda dalam waktu lama, atau mengikuti senam yang membutuhkan fleksibilitas.  
Jadi karena bentuk dan tebalnya selaput dara dapat berbeda-beda tiap wanita.  Hal ini yang membuat saat terjadi regangan atau robekan akibat aktivitas seksual ada yang menimbulkan perdarahan namun bisa juga pada selaput dara yang lebih tipis tidak terdapat perdarahan dan nyeri.  Untuk itu adanya darah saat hubungan intim pertama kali bukan indikator pasti wanita masih perawan atau tidak pernah aktivitas seksual.  Anda dapat berikan pemahaman terkait selaput dara dan perdarahan yang terjadi pada pasangan anda.  Lakukan pemeriksaan dengan suami ke dokter spesialis kandungan jika ingin mengetahui lebih pasti terkait selaput dara.  Anda dapat membaca beberapa forum terkait topik yang serupa seperti berikut :Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat,dr. FarahSelamat malam, JTerima kasih atas pertanyaannya.Perdarahan pada pertama kali hubungan intim berkaitan dengan selaput dara wanita.  Selaput dara adalah suatu lapisan yang berada di liang vagina dengan bentuk dan tebal yang berbeda-beda.  Selaput dara ini sering dikaitkan dengan adanya robek pada selaput dara artinya wanita pasti sudah tidak perawan dan sudah berhubungan intim, padahal tidak seperti itu.   Penyebab adanya robekan selaput dara :
  • Aktivitas seksual berupa hubungan intim atau memasukkan benda ke vagina. 
  • Faktor kecelakaan berupa benturan. 
  • Melakukan olahraga sejenis berkuda, bersepeda dalam waktu lama, atau mengikuti senam yang membutuhkan fleksibilitas.  
Jadi karena bentuk dan tebalnya selaput dara dapat berbeda-beda tiap wanita.  Hal ini yang membuat saat terjadi regangan atau robekan akibat aktivitas seksual ada yang menimbulkan perdarahan namun bisa juga pada selaput dara yang lebih tipis tidak terdapat perdarahan dan nyeri.  Untuk itu adanya darah saat hubungan intim pertama kali bukan indikator pasti wanita masih perawan atau tidak pernah aktivitas seksual.  Anda dapat berikan pemahaman terkait selaput dara dan perdarahan yang terjadi pada pasangan anda.  Lakukan pemeriksaan dengan suami ke dokter spesialis kandungan jika ingin mengetahui lebih pasti terkait selaput dara.  Anda dapat membaca beberapa forum terkait topik yang serupa seperti berikut :Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat,dr. Farah
hubungan seksperdarahanrobekan himen vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil