06 Oct 2021, 20:39Kandungan

Pendarahan apakah haid atau tanda hamil?

DK
Info Penanya: DK0
Dok..istri mens ditanggal 28-8-2021,,sedangkan kami menikah ditanggal 11-09-2021,,malamnya langsung HB 3 hari berturut',terus ditanggal 21 mengalami pendarah tapi cuma 2 hari..apakah itu pendarahan atau mens ya dok? Setelah ituu mengalami mual sama perut kembung.. Terima kasih.
106 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo D,Haid terakhir yang terjadi pada bulan agustus lalu tidak ada haid lagi, artinya haid tidak teratur. Jika demikian maka akan sulit menentukan adanya masa subur maupun kapan akan haid kembali. Terlambat haid dan muncul flek selama 2hari memang bisa merupakan ciri dari awal kehamilan, namun tidak menutup kemungkinan keluhan ini juga disebabkan oleh tanda penyebab lain.

Flek dan haid tidak teratur

Jika ada riwayat hubungan seksual tanpa menggunakan KB, maka memang hal pertama yang harus dipikirkan adalah kemungkinan adanya kehamilan. Normalnya siklus haid wanita adalah 21 - 35 hari sehingga wanita yang sering tidak haid selama beberapa bulan atau sudah tidak haid selama 90hari, harus memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui adanya kelainan di organ reproduksinya atau tidak karena hal ini mungkin sama menyebabkan kesulitan hamil. Haid yang tidak teratur sering disebabkan oleh PCOS, sebaiknya dipastikan lebih lanjut apakah istri Anda mengalami keluhan ini atau tidak karena PCOS juga dapat menyebabkan muncul flek diluar siklus haid.Keluar flek bisa juga disebabkan gangguan hormonal, stres, cedera atau luka pada area kemaluan, infeksi pada organ reproduksi. Langkah awal, sebaiknya lakukan test pack agar anda dapa yakin dengan ada atau tidaknya kehamilan, setelah itu lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tes kehamilangangguan menstruasipcos
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil