27 Sep 2021, 17:04Kandungan

Belum haid paska kuret apa normal?

AP
Info Penanya: AP0
Halo dok,sy pendarahan dari tgl 21 Agustus baru2 dan dikuret tgl 25 agustus.skrg sdh tgl 27 September sy belum datang bulan .itu bgmana dok,tlg dijelaskan.
51 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi AP,Kuretase adalah tindakan membersihkan sisa-sisa jaringan kehamilan jika seorang wanita mengalami keguguran. Tentunya hal ini perlu dilakukan karena jika seorang wanita keguguran dan masih terdapat sisa jaringan di dalam rahim, maka rahim tidak bisa mengerut ke ukuran semula dan hal ini akan memicu perdarahan. Jika Anda sudah tidak mengalami perdarahan, maka tandanya rahim Anda sudah bersih.

Penyebab belum haid paska kuretase

Jika sekarang muncul keluhan kenapa belum haid paska kuretase maka bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti:
  • Tubuh memerlukan waktu untuk menyeimbangkan hormonnya paska kehamilan. Semakin besar usia kehamilan maka diperlukan waktu semakin lama.
  • Kondisi stres paska keguguran.
  • Perubahan berat badan yang drastis.
  • Kurangnya asupan nutrisi.
  • Sedang hamil. Jika Anda curiga hamil atau ingin memastikan maka bisa tes pack, namun biasanya wanita paska kuretase tidak secepat itu langsung kembali subur.
Tidak jarang paska keguguran wanita ingin segera hamil dan hal ini justru harus dihindari. Setidaknya wanita perlu mengalami 3 kali siklus haid normal dulu baru boleh hamil kembali. Oleh karena itu setelah keguguran disarankan berhubungan seksual di luar masa subur atau memakai kondom untuk mencegah kehamilan dalam waktu cepat. Hal ini untuk memberi waktu bagi tubuh untuk proses pemulihan dan agar tidak terjadi keguguran berulang di kehamilan berikutnya. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan jika dalam waktu 3 bulan tetap tidak haid.Salam sehat,dr. Vina
kegugurangangguan menstruasikuretase
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil