25 Aug 2020, 06:11Kandungan

Bagaimana ciri-ciri keguguran?

TA
Info Penanya: TA, Wanita, 24 Tahun
Pagi dokSaya bulan agustus telat haid htph tggl 3 juli saya taspek hasily positif selang 2 hari saya kluar darah tapi g bnyak,setlh itu saya kedokter kata dokter tdk apa2 soaly usia kndungan saya baru 4minggu,saya dikasi obat penguat,setelah 2 minggu saya ngflek trus kluar gumpalan tpi kecil2 bgt dok,,ga trllu bnyak,,mnurut dokter saya harus gimna,,soalya dulu saya punya riwayat keguguran,,Makasih dok
1832 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, TA.Keguguran atau abortus adalah keluarnya janin dari liang vagina pada usia kehamilan di bawah 20 minggu. Keguguran ditandai dengan keluarnya gumpalan yang disertai dengan flek darah dan kram pada perut. Apabila terjadi hal tersebut, janin yang keluar masih belum mampu mempertahankan dirinya untuk hidup mandiri di luar rahim.

Jenis-Jenis Keguguran

Sebenarnya, ada beberapa jenis abortus, dimana ada yang masih bisa dipertahankan dan tidak. Berikut penjelasannya:

1. Abortus imminens atau terancam keguguran

Pada kondisi ini, janin masih di dalam kandungan dan mulut rahim masih tertutup. Dokter biasanya akan menyarankan untuk bedrest dan memberikan obat penguat kandungan. Kemungkinan inilah yang Anda alami pada tanggal 5 Juli tersebut.

2. Abortus inkomplit

Jenis keguguran ini ditandai dengan keluarnya sebagian janin disertai mulut rahim yang terbuka. Biasanya akan dilakukan tindakan kuretase untuk membersihkan sisa jaringan dari rahim.

3. Abortus komplit

Pada kondisi ini, janin sudah seluruhnya keluar dari kandungan, dan rahim sudah bersih kembali. Mengenai apa yang seharusnya Anda lakukan, saran saya periksakan segera ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dimana nantinya akan dilakukan pemeriksaan inspekulo untuk melihat mulut rahim. USG juga biasanya dilakukan, untuk melihat apakah janin masih ada di dalam rahim. Dari hasil pemeriksaan, akan dievaluasi jenis keguguran apa yang Anda alami. Kemudian, dokter akan menyarankan terapi yang tepat, baik berupa edukasi, tindakan, ataupun obat. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
keguguranabortus imminensabortus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil