Keputihan berwarna merah kecoklatan, apa saya penyebabnya?

UN Info Penanya: UN
Misi dok saya ingin bertanya, jadi saya selesai haid tgl 13 agustus,lalu dan terakhir berhubungan itu 18 agustus itu pun tidak melakukan senggama tetapi ditanggal 22 agustus - 23 agustus ini saya mengeluarkan awalnya keputihan biasa lalu ada coklat coklat dok, dan sekarang berwarna merah agak sedikit gelap , itu kenapa ya dok ?? Sedangkan haid saya masi kurang lebih seminggu lagi. Pada saat keluar darah itu saya tidak merasakan gejala apapun,tetapi badan sedikit hangat. Mohon dijawab ya dok ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, U

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Keputihan merupakan kondisi normal terjadi apabila tidak disertai rasa gatal, tidak berwarna, dan tidak disertai dengan nyeri perut bawah. Munculnya keputihan yang berwarna kecoklatan normal terjadi di awal proses haid dan juga pada akhir proses haid. Namun, apabila proses haid sudah selesai, kemudian melakukan hubungan seksual, dan beberapa hari kemudian mengalami keputihan dan flek (bercak perdarahan) bisa disebabkan oleh beberapa kondisi.

Adapun diantaranya kondisi yang bisa menyebabkan keputihan berwarna merah kecoklatan yaitu:

Apabila pada saat Anda melakukan hubungan seksual dilakukan ejakulasi didalam vagina, dan terjadi pembuahan maka perdarahan yang muncul bisa juga disebabkan oleh adanya perdarahan implantasi. Untuk dapat memastikannya, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan tedekat.

Agar kesehatan organ kewanitaan tetap terjaga, lakukanlah tips berikut:

  • Hindari memiliki pasangan seksual lebih dari 1
  • Gunakan pakaian dalam dengan bahan katun, dan gantilah secara berkala
  • Gantilah pembalut setiap 3-4 jam sekali
  • Jaga kebersihan area kewanitaan
  • Rutin berolahraga serta konsumsi makanan bergizi 

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh PH
25 Aug 2020, 01:10
Ini cara terbaru menurunkan berat badan paska melahirkan http://raboninco.com/1sxDq
Dibalas oleh UN
25 Aug 2020, 13:57
Terimakasi banyak dok, Apabila sudah mencuci tangan dengan air dan ataupun sabun apakah sperma masih tetap ada? Setelah kejadian keluar darah itu badan saya agak panas dan kembung dok itu kenapa ya? Dan kapan saya boleh melakukan tes kehamilan/ tespek dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
25 Aug 2020, 20:32
Selamat malam UN,
Bila terkena sabun maka sperma akan mati. Perihal keluhan demam dan kembung bisa disebabkan oleh daya tahan tubuh menurun, terlambat makan atau stres berlebihan akibat takut hamil. Sebaiknya bila belum siap hamil, Anda bisa menggunakan KB untuk mencegah kehamilan saat berhubungan seksual. Tes pack bisa dilakukan bila sudah 1 minggu terlambat haid.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Siklus Menstruasi yang Normal dan Membedakannya dengan yang Tidak Normal

Mengetahui siklus menstruasi tidak cuma membantu merencanakan kehamilan, tapi juga mengantisipasi gangguan kesehatan. Siklus menstruasi normal itu seperti apa?