Masih berdarah satu setengah bulan pasca melahirkan

VV Info Penanya: VV, Wanita, 1 Tahun
Mlm dok sya ibu yuliani umur 27th,dok saya mau bertanya saya bulan kemarin melahirkan tgl 25juli dan saya melahirkan melalui operasi sc,yg mau saya tanyakan sekarang sudang 1bulan setengah saya masih berdarah banyak bagaimana solusinya dok?terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, VV.

Masa nifas adalah rentang waktu yang dialami seorang wanita pasca melahirkan, biasanya sekitar 40-60 hari. Masa nifas ditandai dengan keluarnya darah dari liang vagina. Selain itu, beberapa hal lain juga terjadi pada masa nifas, misalnya rahim yang mengecil dan mulut rahim yang menutup.

Apabila Anda mengalami perdarahan satu setengah bulan setelah melahirkan, maka hal ini masih normal, selama volume darahnya normal. Nah, perlu didefinisikan terlebih dahulu 'banyak' yang Anda maksud seperti apa. Apabila darahnya banyak yang ditandai dengan mengganti pembalut lebih dari dua kali sehari, maka hal ini tidak normal dan sebaiknya diperiksakan.

Selain jumlah darah yang banyak, beberapa hal lain yang sebaiknya diwaspadai adalah:

  • Adanya demam
  • Kram perut yang hebat saat mengalami perdarahan
  • Merasa sangat haus, disertai dengan jantung berdebar atau sesak napas
  • Darah keluar dalam bentuk gumpalan terus-menerus
  • Pernah pingsan (kehilangan kesadaran sementara)

Apabila ada salah satu kondisi di atas yang Anda alami, sebaiknya periksakan diri Anda secepatnya ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, misalnya USG rahim atau inspekulo untuk mengetahui penyebabnya. Setelah itu, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai, bisa berupa obat-obatan atau tindakan tertentu.

Selain itu, usahakan Anda banyak minum air putih untuk mengganti cairan yang terbuang sebagai darah. Konsumsi juga makanan bergizi yang kaya zat besi, misalnya sayur bayam dan daging merah. Juga, jaga kebersihan alat kelamin dengan cara rutin mengganti pembalut, dan membersihkannya setelah buang air. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketahui posisi tidur Ibu hamil muda yang tepat agar waktu tidur lebih berkualitas

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Tepat dan Nyaman

Posisi tidur ibu hamil pentin untuk diketahui, demi menjamin jam istirahat yang berkualitas. Posisi tidur yang ideal untuk ibu hamil pada trimester pertama termasuk tidur miring dan telentang.