Pendarahan tapi masih ada gumpalan rahim, apakah keguguran ?

JC Info Penanya: JC, Wanita, 24 Tahun
Dok saat ini saya hamil 6minggu karena faktor kecapean saya pendarahan seperti haid setelah saya usg masih ada sedikit gumpalan didinding rahim apakah sudah termasuk keguguran atau masih ada janin di kandungan itu dok ? Mohon penjelasannya. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, JC.

Perdarahan pada usia kehamilan trimester pertama dapat merupakan keadaan yang normal terjadi. Namun demikian, tetap perlu diwaspadai karena terdapat pula jenis perdarahan yang abnornal pada kehamilan muda.

Beberapa jenis perdarahan yang umum terjadi pada usia kehamilan muda diantaranya ialah :

  • perdarahan implantasi
  • keguguran (periode rentannya berkisar pada usia 12 minggu pertama)
  • kehamilan ektopik
  • hamil anggur

Keadaan yang dilami bisa saja berupa keguguran yang masih dapat dipertahankan, atau yang dikenal dengan istilah medis abortus imminens, yang berarti keadaan keguguran dengan bakal janin yang masih ada dalam rahim dan tidak disertai pembukaan mulut dan leher rahim. Atau bahkan keadaan abortus yang lebih serius seperti abortus insipiens. Namun hal ini perlu dikonfirmasikan pada dokter Kandungan yang memeriksa Anda, apakah benar berupa keadan tersebut ataupun gangguan kehamilan lainnya. Karena keterangan tersebut hanya dapat dijelaskan dengan benar sesuai keadaan yang ditemukan saat pemeriksaan.

Untuk sementara hindarilah aktivitas berlebih dan perbanyak beristirahat (tirah baring). Anda juga perlu menjaga pola makan dengan menghindari makanan mentah dan tinggi kandungan pengawet atau bahan kimianya. Ada baiknya untuk kontrol kembali jika dalam 2 hari kedepan perdarahan masih terjadi.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil 3 bulan perutnya belum terlalu besar, namun janinnya terus berkembang

Hamil 3 Bulan, Ini yang Terjadi pada Ibu dan Janin

Saat hamil 3 bulan, janin sudah mulai akan menendang, mengisap jari, dan mulai bisa menutup mata. Sementara untuk ibu, usia kehamilan ini bisa terasa lebih ringan dibanding masa awal karena gejala kehamilan sudah mulai reda.