29 Jun 2020, 22:57Kandungan

Pendarahan dari sisa menstruasi atau hamil?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 26 Tahun
malam dok. saya ingin bertanya, tanggal 21 juni saya mens sampai tgl 27 juni dok, lalu ditanggal 28 juni saya dan pasangan saya brhubungan tanpa memakai alat kontrasepsi tapi pasangan saya ejakulasi diluar dok, lalu ditgl 29 muncul lagi gumpalan darah coklat dan saya merasakan sakit perut seperti menstruasi. kirakira bercak darah itu berasal dari sisa menstruasi atau karna hal lain dok ? mohon dijawab dok trima kasih
12860 Views
4 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam A,Perdarahan setelah melakukan hubungan seksual adalah keluhan yang bisa terjadi karena beberapa hal seperti akibat masalah di organ kewanitaan, masalah hormon, adanya peradangan akibat berhubungan seksual, ataupun penyebab lainnya.Apabila melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman dan dilakukan setelah menstruasi, memiliki peluang terjadinya kehamilan meskipun kecil. Peluang ini bisa terjadi karena selama melakukan hubungan seksual bisa ada cairan preejakulasi yang mengandung sel sperma. Apabila bulan ini mengalami keterlambatan haid maka perlu dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan testpackRasa tidak nyaman pada perut juga bisa terjadi karena hubungan seksual sebelumnya. Keluhan lain yang bisa terjadi diantaranya:
  • Timbul keputihan
  • Gangguan buang air kecil
  • Rasa nyeri di kewanitaan
  • Rasa perih ketika buang air kecil atau melakukan hubungan seksual
Jika timbul keluhan demikian perlu diperiksakan karena bisa berisiko terjadinya infeksi lain seperti penyakit menular seksual. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksualkehamilanperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil