Kenapa Ada Perdarahan Setelah Berhubungan Ketika Memakai IUD?

SW Info Penanya: SW, Wanita, 31 Tahun
Selamat malam saya mau bertanya dok....saya pakai kb iud,kenapa ya dok setelah burhubungan keluar darah...seperti darah haid....saya memang baru selesai haid sekitar 2hari....saya jg mengalami gatal diarea miss v dan keluar keputihan seperti terigu basah...apa berbahaya ya dok....perlukah saya memeriksakan diri....Terimakasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SW,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

KB IUD merupakan KB yang cukup di mininati karena cukup efektif mencegah kehamilan hingga 10 tahun. Beberapa wanita mungkin akan mengalami bercak flek ringan selama beberapa hari setelah pasang IUD. ini adalah efek samping sementara yang wajar terjadi.

Jika beberapa waktu terakhir Anda mengeluhkan setelah berhubungan keluar darah padahal sebelumnya tidak pernah begitu, ada kemungkinan karena IUD bergeser pada tempatnya. IUD seharusnya di tempatkan di dalam rahim, ketika posisinya bergeser dan turun ke leher rahim, gal ini dapat menyebabkan vagina Anda berdarah setelah berhubungan saat menggunakan IUD. 

Keputihan merupakan hal normal karena pengaruh hormon esterogen dan progesteron. Biasa terjadi pada semua wanita. Ciri- ciri dari keputihan normal : cair dan encer, warna transparan atau bening, tidak lengket, tidak berbau, tidak menyebabkan gatal, dan jumlah cairan yang di keluarkan sedikit. Ciri-ciri keputihan tidak normal : cairan kental, bewarna putih susu, kuning, hijau atau ke abu-abuan, cairan lengket, bau tidak sedap, membuat gatal, jumlah caira banyak dan meninggalkan bercak pada pakaian dalam.

Jika keluhan perdarahan setelah berhubungan masih berlanjut saran saya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan letak IUD Anda berada pada tempatnya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

KB steril cocok dilakukan oleh pasangan yang tidak mau lagi memiliki keturunan

KB Steril Bisa Hamil Lagi? Kemungkinan Tetap Ada Walau Kecil

KB steril adalah pilihan permanen dan minim risiko untuk mencegah kehamilan. Kemungkinan pengguna KB steril bisa hamil lagi sangatlah kecil.