Pendarahan pre-menopause, normalkah?

L Info Penanya: L, Wanita, 43 Tahun
Hai dokter, sedikit cerita sebelumnya. Saya seorang ibu yang memasuki usia pre-menopause, usia saya 43 tahun. Beberapa bulan ini, saya mengalami haid hingga berminggu-minggu atau mungkin disebut pendarahan. Apakah pendarahan ini normal ya dok atau memang ada gangguan kesehatan yang harus saya periksakan? Mohon jawabannya dok. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, L. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Menopause adalah bagian dari proses penuaan yang akan dialami oleh semua wanita. Namun, setiap wanita mengalaminya berbeda-beda pada setiap usia. Biasanya pada rentang usia 40-45 tahun. Tetapi ada juga wanita yang mengalami menopause sebelum 45 tahun. Itu dinamakan menopause dini. Penyebabnya adalah faktor genetik, gaya hidup (merokok), penyakit autoimun, tindakan medis tertentu, kelainan kromosom, hubungan usia menstruasi pertama dengan menopause.

Pra menopause ditandai dengan:
  • Siklus menstruasi berubah: masa menstruasi jadi lebih pendek atau lama, perdarahan lebih banyak atau lebih sedikit, jeda menstruasi yang kadang lambat atau lebih cepat.
  • Sensasi panas (hot flashes)
  • Perubahan mood
  • Kesuburan menurun

Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan jika perdarahan berat dan lebih dari seminggu, mesntruasi pada bulan pertama dengan bulan kedua yang berdekatan, haid kembali setelah tidak haid lebih dari satu tahun.

Perdarahan yang Anda alami bisa karena  fibroid dan polip rahim, adenomiosis, KB  (IUD atau spiral), hipotiroidisme, lupus eritematosus sistemik, gangguan pembekuan darah, dan obat-obatan tertentu yang dapat mengganggu proses pembekuan darah, kanker endometrium.

Untuk mengobati perdarahan yang cukup panjang pada kondisi Anda ini, perlu diketahui dulu penyebabnya apa, untuk itu saya sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan agar dapat ditangani dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda menopause sebaiknya dikenali sedini mungkin agar bisa diatasi dengan saksama

Kenali Tanda-tanda Menopause agar Bisa Ditangani dengan Cermat

Menopause yang umumnya terjadi pada wanita berusia 50 tahun keatas rupanya juga dapat terjadi pada wanita berusia 40an. Gejala menopause juga sebaiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya, jika tidak disikapi dengan benar, beberapa penyakit dapat saja mengintai kaum hawa.