22 Jun 2020, 20:31Kandungan

Apakah yang dimaksud dengan abortus?

S
Info Penanya: S0
Halo dok, saya mau tanya pd tgl 15 saya mengalami pendarahan cukup banyak saya sampai tembus wlpun sdh pakai pembalut . Ada gumpalan daging dan jaringan darah kehitaman keluar dr vagina apakah saya keguguran? Sblm nya saya sudah tespek dan positif. Pendarahan terjadi hanya sekitar 2 hari saja ..Tp aneh nya smpe skrg tgl 22 saya merasa mual dan semakin hebat mualnya saya jg merasa perut saya buncit ..Saya sudah kebidan tp saat itu tidak ada jadwal usg ..Bgaimana dok, mohon penjelasan nya. Tks
7478 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan Anda.Abortus atau keguguran adalah kondisi di mana ancaman atau keluarnya janin dari dalam rahim yang menyebabkan kematian pada janin dengan berat kurang dari 500 gram dan dalam usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Berdasarkan jenisnya, ab0rtus bedakan menjadi 4 jenis.

Adapun jenis abortus adalah:

  • Abortus Imminens 
    • Merupakan tanda atau peringatan atau ancaman yang dapat menyebabkan keguguran. Biasanya, terjadi pada awal kehamilan. Perdarahan bisa berupa bercak, flek, atau dengan sedikit gumpalan yang disertai dengan nyeri perut dan punggung akibat dari adanya kontraksi dari rahim, namun belum ada pembukaan servix. Pada bortus imminen janin masih terdapat di dalam rahim.
  • Abortus Insipien
    • Merupakan perdarahan saat awal kehamilan yang bisa berupa bercak, flek ataupun gumpalan, dan janin masih berada di dalam rahim, namun sudah diikuti dengan pembukaan servix. 
  • Abortus Inkomplit
    • Merupakan perdarahan saat awal kehamilan yang terjadi secara terus-menerus, disertai dengan nyeri perut, pembukaan servix, dan sudah terdapat sebagian jaringan dari janin yang keluar dari rahim.
  • Abortus Komplit
    • Merupakan jenis abortus di mana seluruh jaringan hasil konsepsi (janin) sudah keluar dari rahim
Terkait dengan apa yang Anda rasakan saat ini, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter sepsialis kandungan terdekat agar dilakukan pemeriksaan fisik dan juga penunjang seperti USG kehamilan untuk mengetahui kondisi janin dan kesehatan Anda. Usahakan untuk tidak beraktifitas berat, sebisa mungkin lakukan istirahat tirah baring, konsumsi makanan bergizi seimbang, hindari stres.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian 
menjaga kehamilanabortus imminensabortus inkomplitabortus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil