Apa saya masih hamil atau sudah keguguran?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 23 Tahun
Assalamualaikum dok Saya mau tanya dok ,Saat saya mengetahui hasi test pack positif saya langsung k bidan terdekat dan bidan tersebut mengatakan bahwa keadaan kandungan saya sehat dan sudah menginjak 5 Minggu,namun selang 2 hari secara tiba tiba saya mengalami pendarahan banyak ditandai dengan kram dan nyeri dan gumpalan darah ,lalu saya segera ke dokter kandungan dan saya memeriksa urin yang hasilnya masih positif tapi saat di USG yang tampak hanya kantung janin dan embrio belum. Lalu dokter memberikan saya obat penguat serta bedrest dulu .Dua hari kemudian pendarahan nya berhenti ,yang saya ingin tanyakan dok ,apa artinya kandungan saya masih bertahan ?karena saya juga sebelumnya pernah keguguran dan melakukan kuret .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Tes pack yang positif menunjukkan adanya hormon kehamilan di dalam urin, dan hal ini sering diartikan sebagai suatu kehamilan. Namun ada beberapa macam kehamilan tidak normal yang tetap menunjukkan hasil tes pack positif seperti hamil anggur atau hamil diluar kandungan. 

Perihal keluarnya darah di saat hamil muda, bisa saja terjadi akibat proses implantasi atau proses penempelan janin di rahim, adanya iritasi serviks setelah berhubungan seksual, atau adanya ancaman keguguran bila darah yang keluar banyak dan disertai dengan kram perut. 

Saat ini kemungkinan yang terjadi pada kehamilan Anda adalah pemeriksaan USG terlalu dini sehingga embrio belum tampak, karena biasanya embrio baru muncul di usia kehamilan 5-6 minggu. Oleh karena itu dokter kandungan tetap memberikan obat penguat kandungan sambil menunggu perkembangan janinnya. Sebaiknya Anda tetap tenang dan berpikir positif, banyak istirahat, jangan stres, dan lakukan pemeriksaan USG kembali 2 minggu setelah pemeriksaan USG yang pertama untuk memastikan kondisi kehamilan Anda.

Bila sampai terjadi keguguran, maka hormon kehamilan di tes pack membutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu untuk menghilang dari urin. Semakin besar usia kehamilan maka akan semakin lama tes pack kembali negatif.

Tetap jaga pola hidup, jangan begadang, dan lakukan kontrol USG ulang ke dokter kandungan bila sudah waktunya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu mitos makanan penyebab keguguran adalah nanas karena kandungan bromelain dapat membuat serviks melunak

Mitos Makanan Penyebab Keguguran, Aman Asal Tak Berlebihan

Ada banyak mitos makanan penyebab keguguran, padahal tidak ada hubungan makanan dengan efek menggugurkan kandungan.