Pendarahan di kemaluan di usia 60 tahun

DK Info Penanya: DK, Wanita
Pagi dokter.. ibu saya usia 60 tahun, saat ini sedang mengalami pendarahan, akhir tahun 2018 mengalami pendarahan juga selama 1 bulan, sy udh bawa k dokter kandungan dan disarankan untuk kuret,kuret sudah d lakukan pd bulan Januari 2019 dan setelah 1 Minggu dikuret dnyatakan bersih, akan tetapi knp skrg bisa pendarahan.. jarak dr kuret sampai sekarang sudah 15 bulan . Mohon pencerahannya dokter. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam DK,

Perdarahan dari vagina yang berlebih di usia lanjut disebut dengan menorrhagia. Kondisi ini sering kali tidak lagi menjadi masalah ketika sudah masuk masa menopause. Jika sering kali terjadi perdarahan di usia lewat menopause maka perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan apakah ada masalah lain seperti adanya endometriosis, adanya keganasan ataupun penyebab lain.

Apabila perdarahan terus menerus terjadi, bisa menimbulkan masalah lain seperti anemia ataupun kekurangan darah. Jika lebih dari 1 tahun selalu mengalami perdarahan, ada baiknya melakukan pemeriksaan kembali pada dokter kandungan. 

Jika sudah pernah dilakukan kuretase dan tidak ada perbaikan salah satu tindakan yang mungkin dapat diambil adalah histerektomi atau diangkatnya semua organ rahim sehingga perdarahan bisa dihentikan.

Bisa juga meminta opini kedua atau opini lain pada dokter kandungan yang berbeda agar mendapatkan masukan ataupun opini lain apakah hasilnya sama ataupun ada alternatif penanganan lain. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vagina sakit saat berhubungan badan bisa muncul akibat gangguan medis pada organ reproduksi wanita

Vagina Sakit saat Berhubungan Intim? Ini Ragam Penyebabnya

Banyak hal bisa menyebabkan vagina sakit saat berhubungan intim. Mulai dari faktor fisik hingga psikologis. Dengan mengetahui penyebabnya, penanganan bisa dilakukan agar ikatan perkawinan kembali mesra.