14 Feb 2021, 15:16Kulit & Kelamin

Apa yang menyebabkan keluar darah wuwungan saat memencet komedo ?

ML
Info Penanya: ML, Wanita, 1 Tahun
Dok mau tanya saya kan mencet hidung ngluarin komedo. Tp ujung2 nya ada darah wuwungan d hidung saya. Apa bakalan hilang ga dok.. Gmn cara ngilangin nya.. Terimakasih dok
1719 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, M.Saat muka memiliki komedo yang banyak, terutama pada remaja maka komedo akan membuat rasa ingin menyongkel dan mengeluarkan komedo tersebut. Memencet dan mengeluarkan komedo sendiri terutama menggunakan tangan dan kuku yang panjang dalam keadaan kotor, membuat bakteri masuk menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. Kebiasaan memencet komedo yang tidak dihilangkan akan mebuat jerawat semakin bertambah parah.

Apa yang menyebabkan keluar darah wuwungan saat memencet komedo ?

Muka terdiri dari saraf dan pembuluh darah, sehingga saat Anda memencet komedo akan menimbulkan luka gores akibat kuku. Darah ini akan segera membeku sebagai mekanisme pertahanan tubuh agar tidak keluar terlalu banyak, akhirnya menimbulkan darah wuwungan atau darah beku di wajah. Darah wuwungan atau darah beku dapat hilang saat Anda membersihkan muka. Namun bekas luka akibat goresan kuku dapat berbekas dan menimbulkan infeksi serta jerawat.Untuk itu, hindari memencet komedo. Jaga kebersihan muka, jaga kelembaban wajah. Minum air putih seseuai kebutuhan tubuh, tingkatkan konsumsi makanan berserat, hindari stress dan paparan debu ke wajah. Gunakan pelembab, sunblock, pembersih muka dan krim seseuai dengan jenis kulit. Konsultasi ke dokter spesialis kulit untuk perawatan wajah yang akan dilakukan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
pengobatan jerawatkomedo putihperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil