Pencegahan virus corona

IK Info Penanya: IK, Pria, 27 Tahun
Multi vitamin yg rekomen?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, I.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus corona yang dimana virus ini menyerang sistem pernapasan. Gejala yang muncul berupa demam, batuk, flu, radang tenggorokan, dan sesak napas. Penyebaran virus ini sangatlah cepat sehingga kita perlu waspada agar tidak terkena penyakit ini. 

Untuk itu, ada beberapa cara mencegah agar tidak terkena virus corona, yaitu:

  • Meningkatkan perilaku dan pengetahuan masyarkat.
  • Menerapkan pola hidup sehat dan bersih dengan cara: rutin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, makan makanan dengan gizi seimbang, mengkonsumsi buah dan sayuran, melakukan olahraga minimal 30 menit dalam sehari, dan istirahat yang cukup.
  • Tidak bepergian ke negara yang terjangkit virus corona seperti ke China, Italia, dll.
  • Menjaga daya tahan tubuh.
  • Mengunakan masker jika Anda sedang dalam kondisi sakit.
  • Menghindari kontak dengan hewan seperti burung, kelelawar, dan reptil.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Anda bisa mengkonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C, B kompleks, atau echinacea yang bisa Anda dapatkan di apotek-apotek. Anda bisa mengkonsumsinya sebanyak 2 kali dalam sehari. Lalu, jika Anda mengalami gejala seperti COVID-19, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketika ada kompres panas diletakkan di bagian tubuh seperti dahi, maka hipotalamus di otak akan menganggap lingkungan sekitar terasa panas dan menurunkan suhu tubuh

Mana yang Benar Saat Demam: Kompres Panas Atau Dingin?

Demam merupakan respons tubuh ketika terjadi infeksi virus maupun bakteri. Ketika penderita demam diberi kompres panas, hipotalamus di otak akan memberi respons untuk menurunkan suhu tubuh.