TANYA DOKTER

Pencegahan pilek pada anak agar tidak sering sesak nafas

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Zulham Effendy

Selamat pagi GA

Pilek atau rang pada hidung/ rhinitis dapat disebabkan oleh reaksi alergi, infeksi virus dan bakteri. Pilek akibat alergi sering terjadi jika ada paparan alergen seperti debu, tungau atau efek samping dari konsumsi makanan tertentu. Jika anak mengalami sesak disertai pilek akibat paparan alergi, kondisi ini menjadi rhinitis alergika dan serangan asma. Penyakit ini bersifat kronik dan dapat berulang jika paparan masih terjadi

Sedangkan untuk infeksi peyebab pilek dan sesak nafas, paling sering disebabkan oleh virus Human influenza, virus ini menyerang saluran nafas bagian atas dan paru anak. Selain influenza penyebab tersering pilek dan sesak nafas adalah infeksi bakteri Pneumococus. 

Upaya mencegah terjadinya pilek dan sesak nafas diantaranya meningkatkan sistem imun anak dengan konsumsi gizi seimbang dan multivitamin anak. Anak juga harus mengindari paparan debu, asap rokok dan alergen jika memiliki alergi. 

Selain itu salah satu upaya pencegahan lainnya adalah melakukan vaksinasi pada anak. dengan melakukan vaksinasi lengkap sesuai tahapan umur dan rekomendasi dokter spesialis Anak. Beberapa vaksin pencegah pilek dan sesak nafas diantaranya DPT, PCV, influenza, MMR. 

Salam sehat

dr.Zulham 

0 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

Kirim
Back to Top