Pencegahan bau tidak sedap pada vagina

FA Info Penanya: FA, Wanita, 19 Tahun
Vagina berbau tidak sedap, gimana cara mencegahnya dok? Apakah ada efek nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FA

Terimakasih atas pertanyaannya

Setiap wanita memiliki aroma vagina alami yang dapat berubah sepanjang siklus menstruasinya. Namun pada bau yang kuat, bisa menjadi tanda infeksi, terutama jika aktif secara seksual. Infeksi menular seksual (IMS) seperti trikomoniasis dapat menyebabkan bau yang berbeda. Vagina seorang wanita secara alami sudah terisi bakteri tetapi ketika ada pertumbuhan berlebih disebut vaginosis bakteri dan menyebabkan bau amis.

Namun tidak semua bau disebabkan infeksi. Misalnya problem higiene atau pakaian ketat yang menyebabkan keringat dan bakteri terperangkap juga dapat menyebabkan bau tidak sedap. Jangan mengandalkan produk pembersih karena dapat berbahaya dan menyebabkan iritasi. Cukup gunakan sabun dan air untuk membersihkan bagian luar area vagina. Kemudian bilas dan keringkan dengan handuk sebelum mengenakan pakaian dalam.

Jika masalah belum teratasi konsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa jenis infeksi menular seksual, yang bisa ditularkan melalui ciuman, seperti herpes, CMV, dan sifilis

Waspadai Jenis Infeksi Menular Seksual yang Dapat Berpindah Karena Ciuman Berikut

Ciuman menjadi simbol keintiman dalam sebuah hubungan. Walau begitu, Anda harus berhati-hati dengan beberapa jenis infeksi menular seksual, yang bisa dapat berpindah melalui ciuman. Tentunya risiko ini dapat terjadi, jika Anda sering berganti pasangan, atau mencium orang yang tak diketahui riwayat kesehatannya.