Haid tidak teratur, apakah bisa hamil?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 56 Tahun
Dok mau tnya saya umur 29tahun sya baru saja menikah 2 bulan lalu sampai saat ni belum hamil juga , begitu juga haid sya tidak teratur kenapa ya dok ? Ap sya bisa hamil ya sudah berhubungan tidak pernah berhasil hamil sya minta solusi nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SS

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Hampir setiap pasangan suami istri memang mengikan ke trurunan. Oleh karena itu kehamilan merupakan suatu kondisi yang dinantikan. Untuk merencanakan kehamilan, sebaiknya mengetahui siklus menstruasi terlebih dahulu agar bisa menentukan masa subur seorrang wanita. Siklus menstruasi normal selama 21-35 hari. rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. Siklus menstruasi ini dapat dihitung dari ahri pertam menstruasi sampai hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Jika siklus anda 28 hari maka bisa diprediksikan masa subur  Anda adalah 14 hari sebelum menstruasi pada bulan berikutnya. 

Adapun beberapa hal yang memperngaruhi siklus menstruasi adalah sebagai berikut:

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika menstruasi Anda tidak teratur pastinya sedikit sulit menentukan masa subur Anda. Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah tetap menjaga kebersihan area kewanitaan, hindari stres dan kelelahan fisik, istirahat cukup dan teratur, konsumsi makanan bergizi seimbang, dan lakukan oelahraga ringan agar badan tetap bugar. Jika siklus emnstruasi dirasa masih tidak lancar, periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.