Penanganan untuk Rambut Rontok

BA Info Penanya: BA, Pria, 54 Tahun
Assalamualaikum dokter, saya memiliki masalah kerontokan rambut. Saya sudah menggunakan hair serum, hair tonic, minyak kemiri, dan conditioner, tetapi setiap kali saya mencuci atau menyisir rambut, banyak rambut yang rontok. Sampai sekarang saya belum merasakan adanya perubahan sama sekali. Saat ini rambut saya terasa kasar, bercabang, dan warna rambut saya juga memudar. Apakah ada cara untuk mengatasinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Bapak BA,

Usia diatas 30 tahun memang adalah saat rambut mulai banyak yang rontok, namun tingkat pertumbuhan rambut pengganti tidak secepat masa muda lagi sehingga tidak terkejar.

Ada tiga tahap dalam pertumbuhan rambut yaitu fase pertumbuhan, fase transisi, dan fase istirahat. Semakin tua usia manusia maka akan semakinmendekati tahap fase istirahat.

Kerontokan rambut pada usia lanjut akan diperparah dengan :

  • Pengaruh hormonal
  • Stress pada usia diatas 50 tahun menurut penelitian sangat berperan dalam  pembentukan uban di rambut
  • Penggunaan bahan kimia dan kosmetik rambut dalam waktu lama
  • Penyakit tertentu

Bapak dapat mengunjungi Dokter Kulit (SpKK) untuk diberikan obat perangsang atau obat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut atau minta referensi Dokter tentang tindakan laser yang membantu menumbuhkan rambut kembali

Saat ini banyak klinik kecantikan yang menawarkan laser untuk menumbuh kembali rambut, atau bisa mintakan produk dalam bentuk perawatan sendiri  di rumah.

 

Salam sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat di kulit kepala muncul ketika Anda tidak membilas rambut hingga bersih sehingga masih ada sisa sampo yang tertinggal dan menyumbat pori-pori

Jerawat di Kulit Kepala? Ternyata Ini Pemicunya

Sama seperti jerawat di wajah, jerawat di kulit kepala terjadi karena ada penyumbatan pori-pori folikel rambut. Gunakan sampo antibakteri untuk membantu membasmi jerawat yang muncul di kulit kepala.