Penanganan untuk diare, saat ini masih mules dan diare?

F Info Penanya: F, Pria, 31 Tahun
Pagi Dok, mau tanya untuk obat diare yang manjur apa ya? semalam saya ke klinik sudah di beri obat LOPAMID 2 MG tapi masih belum ada reaksinya. sama aja mules diare masih jalan terus .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F

Diare adalah respon pencernaan terhadap suatu zat yang bersifat iritatif dan memberi reaksi radang pada usus. Misalnya kuman seperti bakteri atau virus atau bisa juga karena ada makanan yang tidak cocok dengan pencernaan Anda seperti makanan pedas atau asam. Diare akan berhenti bila penyebabnya sudah tidak ada di saluran pencernaan.

Bila terapi yang diberikan belum memberi reaksi yang diharapkan, sebaiknya Anda kontrol kembali dengan Dokter untuk mendapatkan terapi atau pemeriksaan tambahan. Selain itu Anda juga perlu melakukan penyesuaian terhadap makanan Anda. Sementara makanlah yang lunak, hambar atau tidak terlalu berbumbu agar pencernaan Anda bisa istirahat. Serta jangan lupa banyak minum agar tidak sampai kekurangan cairan. Hindari juga makanan yang banyak mengandung serat dan sayuran karena akan membuat BAB semakin sering.

Buah seperti pisang dan apel juga dapat membantu agar kotoran lebih padat. Lebih lengkapnya bisa dibaca di artikel Ini Makanan untuk Diare dan Pantangan yang Perlu Anda Hindari dan 4 Cara Mengatasi Diare yang Dapat Dilakukan di Rumah. Bila keluhan tidak membaik segera ke Dokter.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kekurangan kalium dapat menimbulkan ragam gejala, seperti jantung berdebar

Kekurangan Kalium Picu Berbagai Gejala, Nyeri Otot Hingga Sesak Napas

Kekurangan kalium atau hipokalemia dapat terjadi saat tubuh kehilangan cairan. Jangan sepelekan, kondisi ini picu ragam gejala, termasuk sulit bernapas dan tekanan darah tinggi