Penanganan Undescended testis bagaimana?

A Info Penanya: A, Pria, 17 Tahun
Dok, saya sudah operasi 2x undescended testis yang pertama ketika sd dan yang kedua ketika sma. Saya tanya kenapa testis saya kecil, dokter jawab tali testimu pendek. Apakah itu tidak masalah ? Dan juga testisku ini kadang naik kadang turun apakah itu baik baik saja?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A,

UDT atau Undescensus testis adalah kondisi dimana testis tidak turun yang biasanya terjadi pada bayi dengan kelahiran prematur.

Penyebab pastinya belum diketahui sampai saat ini, namun diperkirakan karena faktor keturunan atau terpapar asap rokok dalam waktu lama, dan konsumsi alkohol.

Ukuran testis tidak bisa dibesarkan, dan perihal testis Anda yang bisa naik turun kemungkinan bisa karena torsio testis yakni testis terpluntir. Namun pada torsio testis sering menimbulkan keluhan nyeri mendadak yang sangat berat. Dan merupakan kasus kegawatan karena testis yang terpluntir bisa nekrosis atau mati. Dimana testis ini berfungsi untuk memproduksi sperma. Sehingga bisa mengganggu kesuburan Anda.

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter urologi atau dokter bedah untuk penanganan lebih lanjutnya. Dan sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas berat atau gerakan mendadak seperti lompat-lompat yang dapat mengganggu posisi testis Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh X
09 Apr 2020, 00:07
ddddd
Dibalas oleh A
09 Apr 2020, 00:10
Nasib, anak prematur :"), harap maklumi, ini masalah masa depan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
10 Apr 2020, 10:16
Selamat pagi, A.
Untuk penanganannya, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Urologi atau Bedah, dan sebaiknya dilakukan segera agar tidak semakin terlambat.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri pada testis dapat disebabkan oleh torsi testis, vasektomi, hidrokel, dan varikokel

Waspada! Inilah Penyebab Nyeri Testis yang Mungkin Terjadi

Nyeri pada testis tidak selalu berkaitan dengan kanker testis. Penyebab nyeri testis yaitu, torsi testis, batu ginjal, sembelit, hernia, masalah perut, vasektomi, hidrokel, dan varikokel.