Penanganan trauma tumpul pada dada

AA Info Penanya: AA, Pria, 19 Tahun
Dokter dada saya terasa nyeri karena terbentur meja warnanya sedikit kebiruan apa yg harus saya lakukan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AA.

Secara umum trauma pada dada/ thoraks dapat didefinisikan sebagai suatu trauma yang mengenai dinding thoraks yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada pada organ didalamnya, baik sebagai akibat dari suatu trauma tumpul maupun oleh sebab trauma tajam.

Trauma tumpul pada dada atau dinding thoraks, dapat mengakibatkan kondisi medis yang ringan seperti memar/hematoma (kumpulan darah di luar pembuluh darah akibat dari pecahnya pembuluh darah) hingga kondisi serius seperti fraktur iga, fraktur klavikula, fraktur sternum, hemothorax, kontusio paru, laserasi paru dll.

Terkait keluhan anda,penanganan sendiri tergantung tingkat keparahan, harus di pastikan tidak terdapat gangguan pada organ di dalam rongga thoraks, ataupun fraktur. Untuk mengurangi memar/hematom pada dinding dada anda, cobalah kompres dengan es batu dan istirahatkan. Jika terasa nyeri, anda bisa menkonsumsi obat penghilang nyeri.

Jika anda merasa sesak napas, nyeri dada sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski befungsi untuk melindungi tubuh, bisa saja kulit mengalami penyakit seperti jerawat dan bisul

Mengenali Anatomi Kulit yang Ternyata Memiliki Begitu Banyak Fungsi

Anatomi kulit terdiri dari tiga lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing bagi tubuh. Sebagai organ tubuh paling besar yang melindungi bagian dalam tubuh, kulit harus dijaga kesehatannya, terutama mencegah penyakit-penyakit yang biasa menyerang kulit.