Penanganan rambut bayi rontok

P Info Penanya: P, Pria
Obat apa yang bagus untuk menghilangkan kerak pada kepala bayi, rambut bayi sampai rontok karna sering digaruk2?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang bapak P,

Orang tua pasti ingin rambut bayi tumbuh lebat agar lucu dan menggemaskan berikut saya jelaskan sedikit pertumbuhan rambut pada bayi normal. Rambut mulai timbuh saat bayi dalam kandungan dan sewaktu lahir rambut bayi akan mengalami pergantian dari rambut velus yang sementara dan kecoklatan dengan rambut permanen yang tumbuh tidak merata yaitu dalam 6 bulan pertama. Rambut akan bertahap menjadi rata dan tebal sampai 2 tahun.

Kerontokan yang berlebih sampai bayi seperti botak akan menimbulkan kekuatiran orang tua. Penyababnya bisa dari faktor mekanis, salah perawatan, sampai adanya infeksi

Faktor mekanis misalnya karena himpitan berulang di kepala saat tidur. Biasanya dengan mengobah posisi tidur dapat mengurangi proses rontoknya rambut. 

Perawatan sehari-hari juga penting hindari keramas dengan shampoo setiap hari karena dapat mengganggu kulit kepala bayi yang masih sensitif. Jangan memandikan bayi menggunakan air terlalu panas lebih baik suam kuku atau dingin saja. Cuci saja rambut bayi dengan air bersih setiap hari dan setelah mandi keringkan dan berikan pelembab rambut dalam bentuk minyak zaitun atau baby oil. Pijatlah kulit kepala bayi untuk merangsang sirkulasi darah di kulit kepala untuk memberikan nutrisi pada akar rambut. Jangan menggunakan banyak aksesoris dulu seperti jepit rambut dan ikat rambut pada rambut anak karena ada kemungkinan menyebabkan tarikan pada rambut sehingga mudah lepas. Perhatikan nutrisi bayi juga. Makanan yang cukup protein, minyak ikan, vitamin dan mineral seimbang penting untuk pertumbuhan rambut bayi. ASI ekslusif sampai usia 6 bulan menjamin nutrisi yang seimbang dan tepat untuk bayi.

Infeksi kulit kepala bayi yang dapat sebabkan rambut rontok antara lain infeksi jamur dan kutu rambut, tampak bercak merah dengan sisik-sisik putih atau kuning tersebar acak seperti pulau-pulau pada kepala bayi. Ibu dapat menggunakan sikat gigi lembut untuk membersihkan setiap mandi tetapi jika keluhan berlanjut sebaiknya membawa ke dokter spesialis kulit atau dokter spesialis anak karena ada kemungkinan membutuhkan krim atau lotion kulit kepala khusus untuk penyakitnya.

Selengkapnya langkah membersihkan kulit kepala bayi ada di artikel berikut.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika rambut rontok Anda berjumlah hingga 100 helai per hari, kondisi ini masih normal

Ini Jenis Rambut Rontok dan Penyebabnya, Anda Pernah Mengalaminya?

Kerontokan pada rambut menjadi hal yang mengganggu. Penyebab kerontokan adalah sel-sel lama didorong keluar melalui permukaan kulit. Terdapat 6 jenis kerontokan rambut.