Penanganan nyeri mata yang sakit sampai ke kepala?

JD Info Penanya: JD, Wanita, 21 Tahun
Dok...obat yg dapat menghilangkan rasa nyeri mata apabila sakitnya sdh sampai di kepala
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, JD

Penanganan nyeri mata ditentukan oleh penyebab dari nyeri matanya. Bisa terjadi di permukaan mata atau di bagian dalam mata. Nyeri pada mata adalah gejala yang sering terjadi dan jarang merupakan suatu kondisi yang serius, seringkali dapat sembuh dengan sendirinya. Namun sebaiknya Anda memeriksakan diri dengan Dokter Spesialis Mata untuk memastikan penyebabnya.

Nyeri mata yang terjadi di permukaan bisa terasa seperti lecet, gatal atau panas. Biasanya akibat iritasi benda asing, infeksi atau cedera. Penanganannya meliputi obat tetes mata atau istirahat. Nyeri mata yang terjadi di dalam mata bisa terasa pegal, gatal, menusuk atau berdenyut. Nyeri mata seperti ini memerlukan perawatan dari Dokter Spesialis Mata terutama bila disertai gangguan penglihatan.

Tanda bahaya bila dirasakan sangat nyeri, disebabkan oleh trauma atau paparan zat kimia/cahaya, disertai nyeri perut dan muntah, serta ada gangguan penglihatan. Penanganan awal dengan mengistirahatkan mata Anda, dengan ditutup. Kompres hangat atau pembilasan dengan air mengalir. Lebih jelasnya dapat disimak di artikel Obat Mata Merah yang Efektif untuk Hilangkan Sakit Mata

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ulkus kornea atau luka pada kornea mata adalah gangguan mata berwarna putih dan sering dianggap sebagai katarak

Luka pada Kornea Mata atau Katarak? Ketahui Perbedaannya

Ulkus kornea adalah luka pada kornea mata yang ditandai dengan munculnya bintik putih pada kornea mata dan memiliki gejala yang hampir sama dengan katarak yaitu dengan timbulnya warna putih di mata. Ulkus kornea ini disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan jamur.