Penanganan ingus yang berbau busuk

CS Info Penanya: CS, Wanita
saya wanita usia 22thn.saya uda batuk pilek 8 hari an.nah uda 2 hari ini ingus sya baunya kya aneh.kya agk bau busuk knapa ya????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Ibu CS,

Penyebab pilek yang tidak sembuh-sembuh dan keluar ingus berbau mungkin sebagai berikut:

1. Common cold

Common cold atau salesma ialah infeksi yang musiman, cepat menular dari orang ke orang karena disebabkan virus yang terbang bersama partikel liur dan ingus yang keluar ketika penderita batuk atau bersin, Juga dapat menular ketika seseorang menyentuh permukaan meja atau pintu yang menandung partikel virus tersebut. Virusnya ialah Human Rhinovirus, adenovirus, dan Respiratory syncytial virus. Gejala pilek virus ini umumnya tidak disertai demam, ingus bening dan encer, tidak ada nyeri pada kepala dan dada, dan umumnya tidak melebihi 5-7 hari masa hidup virusnya.

2. Sinusitis

Pada kondisi kebersihan yang buruk atau daya tahan tubuh yang rendah maka bakteri akan masuk menginfeksi. Karena tenggorokan, hidung, dan rongga sinus saling berhubungan sebagai satu sistem aliran sekret maka infeksi dapat menyebar ke sinus dari hidung maupun tenggorokan. Apalagi bila ada faktor kerentanan yaitu struktur sinus yang mampet, maka bakteri bertahan di sana dan berkembang. Gejala sinusitis ini umumnya hidung berair dan mampet, ada cairan mengalir di tenggorokan, demam, sakit kepala dan nyeri tekan pada pipi dan dahi, ingus terlihat berwarna kuning atau hijau, dan napas berbau busuk. Sinusitis sulit sembuh sendiri sehingga perlu pemeriksaan dan pengobatan seksama dari dokter THT atau dokter umum.

3. Polip hidung

Polip hidung adalah tumor jinak atau daging tumbuh yang berasal dari rongga dalam hidung yang lembut sehingga tidak sakit dan tidak menyebar seperti kanker. Gejalanya ialah pilek yang tidak sembuh-sembuh karena polip terus menerus produksi lendir dan sekret, kadang akibat kebiasaan mengorek hidung atau mengusap hidung yang keras polip dapat berdarah atau mimisan, sering juga polip terinfeksi bakteri sehingga timbul nyeri hidung, demam, dan keluar cairan seperti ingus yang berwarna kuning kehijauan dan berbau busuk.

Sebaiknya ibu berobat ke dokter untuk memastikan penyebab. Dokter akan memeriksa dengan seksama rongga hidung, telinga, dan tenggorokan, jika perlu melakukan foto x-ray sinus, dan dokter akan memberikan obat minum dan obat tetes hidung dan jika perlu melakukan pembersihan atau irigasi cuci saluran napas untuk menghilangkan kotoran dan jaringan mati serta kuman.

Berikut tips yang dapat dilakukan di rumah:

  1. Menjaga jarak dengan penderita batuk pilek agar tidak tertular virus baru
  2. Rutin mencuci tangan dengan sabun sebelum makan agar tidak memasukkan kuman penyakit dari tangan
  3. Mengkonsumsi sayuran dan buah. Vitamin C, vitamin D, atau zinc diketahui dapat membantu untuk terhindar dari batuk pilek.
  4. Istirahat cukup terutama tidur malam

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebaiknya hati-hati dalam memilih obat untuk mengobati pilek dan flu pada anak

Cara Ampuh Mengobati Pilek dan Flu pada Anak

Meredakan pilek dan flu dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan pelembap udara (humidifier) untuk melegakan hidung yang tersumbat.