Penanganan cacar api ?

SW Info Penanya: SW, Wanita
Dok saya kena cacar api. Gmna penangannya dan agar sgera sehat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SW

Terima kasih atas pertanyaannya.

Penanganan cacar api atau yang dalam bahasa medis disebut herpes zoster memiliki 3 fase. Fase infeksi virus akut, nyeri terkait infeksinya, dan pencegahan gangguan saraf paska infeksi. Untuk mencapainya memerlukan antivirus, obat antiradang dan obat anti nyeri yang disesuaikan masing-masing individu. Semuanya bisa anda dapatkan setelah konsultasi langsung dengan dokter.

Pemberian antivirus akan mengurangi lamanya ruam akibat infeksinya dan derajat nyeri akibat ruam tersebut bila diberikan dalam 3 hari setelah timbul ruam. Sebelum ruamnya menjadi berkerak.

Kemudian pemberian antiradang untuk mengurangi nyeri dengan mengatasi radang pada saraf akibat infeksi tersebut. Termasuk gangguan saraf setelah infeksi herpes. Setelah itu obat anti nyeri yang disesuaikan tingkat nyeri yang dirasakan penderita herpes. Kadang hanya memerlukan obat anti nyeri yang dijual bebas atau obat nyeri yang lebih kuat tapi memerlukan resep dokter. Pemberian salep yang mengandung antialergi dapat membantu mengurangi gatalnya.

Saya lampirkan juga artikel mengenai herpes zoster yang dapat anda baca.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara untuk mencegah infeksi virus cacar adalah dengan mendapatkan vaksin

3 Cara Mengobati Cacar Agar Cepat Kering, Cocok Untuk Keluarga

Cacar air adalah penyakit akibat virus varicella zoster yang sangat menganggu dan terasa begitu gatal. Ada 3 cara mengobati cacar agar cepat kering, seperti mengoleskan losion kalamin, losion oatmeal, dan mandi dengan baking soda. Selain itu, vaksin cacar merupakan cara terbaik dalam mencegah infeksi virus tersebut.