Penambahan tinggi badan pada usia remaja

B Info Penanya: B, Pria, 2019 Tahun
Berapa cm saya bisa bertumbuh jika saya sudah melewati puncak di usia 13 dalam satu tahun
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, terimakasih telah bertanya di SehatQ, saya dr. Anugerah akan menjawab pertanyaan Anda.

Perlu diketahu sebelumnya bahwa pertumbuhan tinggi badan berakhir saat pubertas berakhir dimana waktunya bervariasi pada masing-masing individu, tetapi biasanya diantara usia 18-21 tahun pada pria.

Untuk berapa centimeter Anda bisa tumbuh dalam satu tahun sangat tergantung faktor2 berikut yaitu kebiasaan dan asupan makanan. Tinggi badan maksimal pada laki-laki bisa dilakukan perhitungan perkiraan tinggi badan dengan rumus sebagai berikut: (tinggi ibu + 12,7 cm + tinggi ayah) dibagi 2 . Akan tetapi rumus tersebut hanya perkiraan dari tinggi maksimal yang bisa dicapai ya, bukan tidak mungkin jika tinggi Anda bisa melebihi perkiraan tinggi badan maksimal tersebut.

Karena Anda masih dalam usia remaja saya ada beberapa tips untuk menambah tinggi badan secara alami :

- olahraga rutin : pilih olahraga seperti lari, lompat tali, berenang, basket.

- Istirahat atau tidur dengan cukup : hindari tidur larut malam karena saat tidur tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan.

- Perbanyak asupan makanan yang sehat dan bergizi seimbang terutama yang mengandung kalsium, protein, zinc dan vitamin D seperti susu, bayam, ikan, daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan.

- Hindari kebiasaan atau hal yang dapat memperlambat pertumbuhan tinggi badan seperti merokok, hindari konsumsi kafein karena membuat tidak bisa beristirahat dengan baik.

Saya sertakan link artikel yang bisa Anda baca mengenai tinggi badan

Semoga penjelasan dan saran saya dapat membantu menjawab keluhan Anda.

Salam sehat,

dr. Anugerah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pria Indonesia memiliki tinggi rata-rata sekitar 160 cm

Tinggi Rata-Rata Pria di Seluruh Dunia

Rata-rata tinggi badan terus meningkat karena faktor nutrisi dan tingkat kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa pria Belanda diyakini sebagai pria yang memiliki rata-rata tinggi badan tertinggi di dunia.