02 Feb 2021, 16:18Kandungan

Apakah tonikum bayer aman untuk dikonsumsi ibu hamil ?

FJ
Info Penanya: FJ0
Selamat sore dok, saya hamil 9w dan disarankan untuk rajin minum penambah darah. Tapi tiap minum pil nya sering muntah karena amis. Bolehkah pil penambah darah diganti dengan tonikum bayer? Apakah aman untuk ibu hamil?
5207 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, F.Ibu hamil cenderung mengalami kekurangan darah karena kebutuhan zat besi yang meningkat bukan hanya untuk Ibu juga untuk perkembangan janin, namun konsumsi zat besi yang kurang akibat Ibu tidak nafsu makan, kondisi mual muntah, menimbulkan anemia. Anemia yang dialami ibu hamil, dapat menyebabkan hambatan perkembangan janin, bayi lahir dengan berat badan rendah, maupun perdarahan saat persalinan.

Bagaimana cara mencegah anemia pada Ibu hamil ?

Setiap wanita disarankan untuk mengkonsumsi 1 tablet zat besi setiap harinya. Bukan hanya untuk Ibu hamil, namun sejak wanita usia remaja, dimana mengalami menstruasi setiap bulannya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang sehat, mulai dari remaja, persiapan untuk kehamilan, dan persalinan. Cara mencegah anemia pada ibu hamil adalah dengan persiapan yang baik bahkan sebelum hamil, dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi, dimana zat besi komponen penting dalam membetuk sel darah. Zat besi banyak terdapat di sayuran berwarna hijau, hati, daging, telur, kacang-kacangan. Selain itu, anemia pada Ibu hamil dapat dicegah dengan tidak mengkonsumsi minuman berkafein setelah makan seperti teh dan kopi dimana dapat menghambat penyerapan zat besi.

Apakah tonikum bayer aman untuk dikonsumsi ibu hamil ?

Salah satu efek dari konsumsi suplemen zat besi adalah rasa mual, dimana rasa mual juga dialami ibu hamil karena hormon kehamilan. Sehingga Ibu hamil merasa kesulitan dalam mengkonsumsi suplemen tersebut. Anda dapat mengganti suplemen dengan variasi lainnya seperti tonikum bayer. Tonikum bayer aman untuk ibu hamil, dan konsumsi seseuai dosis setelah Anda makan.Jangan lupa untuk memakan makanan yang tinggi akan zat besi, serta hindari minuman kafein. Biasakan untuk minum minuman yang membatu penyerapan zat besi setelah makan seperti air jeruk. Kontrol selalu pekembangan janin di dokter spesialis kandungan agar janin tetap sehat, kondisi ibu stabil dan siap menjalani kehamilan, serta persalinan.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamiltrimester pertama kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil