Pemulihan stroke dengan terapi matahari

H Info Penanya: H
Pagi dok, saya mau tanya apakah terapi berjemur di bawah sinar matahari bisa membantu pemulihan dari orang yang terkena sakit stroke ringan? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, H.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Stroke ringan atau yang dinamakan transient ischemic attack adalah kondisi ketika aliran darah ke otak, sumsum tulang belakang atau retina mengalami gangguan sesaat.

Stroke ringan dapat disembuhkan sebelum menjadi stroke permanen. Cara mengobatinya adalah dengan pemberian obat dan terapi alternatif lain. Terapi pendamping yang biasa diberikan untuk mengobati stroke ringan adalah:

  • Terapi fisik: bertujuan membantu penderita untuk bisa bergerak dengan aman dan mudah, mengatasi ketegangan pada otot.
  • Terapi bahasa: bertujuan untuk meningkatkan memori, kemampuan mendengarkan, kemampuan berbicara, dan memahami percakapan. Terapi ini juga melatih agar penderita dapat dengan mudah menelan dan makan.
  • Terapi okupasi: bertujuan agar penderita dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti membersihkan kamar, dll.

Terapi sinar matahari sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena merupakan sumber vitamin D sehingga bagus untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah terjadinya kanker, membantu menyembuhkan penyakit kulit, menjaga berat badan, mengurangi resiko depresi, dan membuat hati lebih gembira. Untuk itu, sangat disarankan bagi penderita stroke ringan untuk berjemur dibawah sinar matahari antara pukul 10.00-15.00 selama 5-15 menit saja dan jangan terlalu lama berjemur karena akan mengakibatkan kulit terbakar.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, penyebab nyeri punggung perlu Anda kenali

Nyeri Punggung Bawah: Kenali Penyebabnya!

Nyeri punggung bawah, yang disebut juga work related musculoskeletal disorders. Penyebab nyeri punggung bawah merupakan sindroma sakit nyeri yang ditimbulkan akibat pekerjaan atau aktivitas, dan lebih banyak terjadi pada laki-laki.