Pemulihan pasca amputasi jari

A Info Penanya: A, Pria, 27 Tahun
Dear Dokter,Dok, satu ruas telunjuk saya diamputasi karena kemarin jari telunjuk saya kena ruji motor sampai hancur dan hanya terlihat tulangnya saja sampai satu ruas. Saya segera ke rumah sakit terdekat & katanya tidak bisa kembali normal, akhirnya diamputasi 1 ruas jari tersebut. Apakah tindakan tersebut sudah benar? Kira-kira bisa sembuh setelah lama? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bpk Ag,

Pada cedera yang berat, dan jari sudah hancur dan tidak dapat lagi dilakukan pembedahan untuk mengembalikan bentuk jari tersebut, maka Dokter akan memilih tindakan dengan tujuan untuk menyelamatkan nyawa yang lebih penting. Jadi kami yakin, sesuai penilaian dokter saat itu tindakan amputasi adalah yang terbaik. Setelah operasi, maka luka akan sembuh dalam waktu 10 sampai 14 hari. Segera setelah luka sembuh makan sebaiknya segera lakukan latihan untuk mengembalikan fungsi otot dan sendi yang masih tersisa.

Setelah luka sembuh maka mungkin akan timbul gejala yang dikenal dengan nama Phantom pain yaitu sakit dan sensasi rasa lain pada jari yang telah hilang tersebut. Gejala ini berkaitan dengan kondisi kejiwaan dan kesedihan akibat kehilangan anggota tubuh. Bila diperlukan maka kunjungi Dokter untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

Semoga pemulihan berjalan dengan baik.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara memancungkan hidung dengan mencubitnya belum terbukti secara ilmiah

Cara Memancungkan Hidung dengan Mencubit, Mitos Atau Fakta?

Beberapa orang mungkin merasa kecewa dengan bentuk hidung yang dimilikinya. Tak heran apabila mereka berlomba-lomba ingin memancungkan hidung. Bukan dengan mencubit hidung, Anda sebaiknya tahu cara memancungkan hidung yang aman dan efektif.