Penis luka dan koreng, bagaimana cara mengatasinya?

SU Info Penanya: SU, Pria, 21 Tahun
Dok, beberapa waktu yang lalu penis saya mengalami luka. Skrg sudah kering dan sudah bersih. Setelah semua koreng mengelupas, kulit kepala penis saya menjadi sedikit kasar dan seperti mengkilap. Apakah hal semacam ini normal terjadi setelah luka? Jika tidak normal bagaimana cara mengatasinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Gatal atau luka di penis bisa disebabkan oleh trauma misal terjepit risleting atau bisa juga karena penyakit menular seksual. Penanganan bekas luka tentunya tergantung dari penyebabnya, bila di sebabkan karena infeksi menular seksual seperti sifilis pengobatan di dahului dengan antibiotik, barulah mengobati luka yang ada di penis. Namun bila di sebabkan oleh trauma, biasanya luka akan sembuh dengan seiring berjalan waktu.

Setelah cara diatas dilakukan barulah beberapa cara seperti penambahan suplemen vitamin E untuk membantu penyebmbuhan luka. sedangkan cara lain jika luka susah di hilangkan bisa dengan cara laser ataupun suntikan steroid.

Selain itu selalu jaga kebersihan organ intim Anda, jangan bergonta ganti pasangan seksual, gunakan pakaian dalam yang longgar dan mudah menyerap keringat, konsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, jika gatal jangan di garuk karena dapat menimbulkan luka baru dan infeksi sekunder. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi dokter kulit dan kelamin.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal di pinggul memang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman

7 Penyebab Gatal di Pinggul yang Mengganggu

Gatal di pinggul memang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan tak jarang membuat Anda ingin terus menggaruknya. Lantas, apa penyebab gatal di pinggul?