Pemeriksaan tentang covid19

HM Info Penanya: HM, Pria
Saya kemaren sakit demam kalau saya mau minta surat keterang bahwa saya bebas covid di sini bisa ga dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HM,

Demam adalah tanda tubuh sedang melakukan perlawanan salah satunya apabila ada infeksi pada tubuh. Penyebab demam sendiri beragam, selain infeksi baik infeksi bakteri ataupun virus, juga bisa karena kekurangan cairan tubuh, adanya peradangan, pasca imunisasi ataupun bisa karena penyebab lainnya.

Infeksi covid-19 atau infeksi corona sendiri cukup beragam gejalanya tetapi yang utama adalah adanya demam lebih dari 38 derajat celcius, batuk, dan juga sesak. Meskipun begitu tidak selalu demam, batuk atau sesak disebabkan oleh infeksi covid-19. 

Cara mengatasi demam

Apabila saat ini mengalami demam ada baiknya mengatasinya dengan cara:

  • Perbanyak beristirahat
  • Perbanyak minum air putih 
  • Mengonsumsi makanan yang bernutrisi
  • Bisa minum parasetamol jika suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius atau jika mengalami sakit kepala

Jika sedang demam, tidak bisa diberikan surat keterangan sehat atau surat keterangan bebas covid19 sampai benar-benar terbukti tidak terinfeksi covid19. Jika tinggal di daerah yang terdapat transmisi lokal atau istilah lainnya red zone, maka jika demam atau batuk ada baiknya melakukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari.

Jika memang saat ini masih sering keluar rumah dan bekerja atau bertemu orang banyak, ada baiknya juga melakukan pemeriksaan deteksi dini dengan pemerikaan rapid test salah satunya.

Jaga kebersihan diri dengan lebih sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh mata, mulut dan hidung jika belum cuci tangan dan lakukan social distancing. Gunakan masker jika bepergian. Jika batuk gunakan masker juga dirumah dan terapkan etika batuk dan bersin yang baik.

Jika timbul demam lebih dari 3 hari, sesak, batuk berat, atau nyeri kepala hebat dan demam lebih dari 39 derajat ada baiknya segera periksakan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rapid test corona mendeteksi virus COVID-19 lewat antibodi

Ini Cara Kerja Alat Rapid Test Corona yang Deteksi COVID-19

Rapid test corona telah masuk ke Indonesia. Kehadiran alat tes massal cepat ini diharapkan bisa membantu menekan angka penyebaran virus corona di Indonesia.