Pemeriksaan Penunjang Pada Pasien Tersangka TBC

BU Info Penanya: BU, Pria, 2019 Tahun
dok maaf saya mau tanya kan ibu saya sakit batuk sudah dua bulan dan berat badanya turun derastis saya khawatirnya terkena tbc trus saya mau cek ke lab dan di mintai sample dahak nya, la tapi ibu saya itu batuknya tidak berdahak trus solusinya gimana dok??makasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam BU,

Apabila tetap menginginkan pemeriksaan dahak, pasien dapat dirangsang produksi dahaknya menggunakan obat-obatan misalnya amroxol, guaifenesin, erdostein, atau bromhexin. Sebaiknya dahak diperiksa 3x (dahak pertama pada pagi saat bangun tidur - sewaktu - dahak pertama pada pagi saat bangun tidur)

Untuk menegakkan diagnosa TBC tanpa memerlukan dahak ada beberapa alternatif misalnya rontgen dada, IGRA (Interferon-Gamma Release Assay), atau mantoux test.

Saran saya, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis paru untuk pemilihan pemeriksaan penunjang sekaligus pengobatan apabila hasil positif. Semakin cepat diagnosa tegak, semakin cepat mendapatkan terapi, hasilnya semakin baik.

TBC ini menular melalui dahak dan air luar jadi sebaiknya kontak dengan anak kecil dihindari sampai diagnosa tegak dan sudah mendapatkan terapi selama paling tidak 2 minggu.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Jeng Yuliana

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengobatan kanker paru-paru yang paling dianjurkan adalah dengan pembedahan

Penyebab Kanker Paru-Paru, Diagnosis, dan Pengobatannya

Kanker paru-paru rentan terjadi pada perokok. Untuk penanganannya, kanker paru-paru dapat diobati dengan pembedahan yang dilanjutkan dengan radiasi, kemoterapi, terapi kombinasi, atau mengonsumsi obat tertentu.