Apakah normal perdarahan pasca keguguran?

TC Info Penanya: TC, Wanita, 1 Tahun
Saya mengalami keguguran pada tanggal 20 DesemberDan saya mengalami pendarahan selama hampir 1 bulanTapi darah yang keluar bertahap semakin lama semakin sedikitDan sekarang tinggal bercak2 coklat sajaApakah ini normal?Karena saya pernah membaca bahwa pendarahan normal terjadi selama 1-2minggu saja pasca keguguranApakah perlu melakukan testpack/USG???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TC,

Keguguran adalah kegagalan kehamilan atau kehilangan kehamilan saat usia kandungan kurang dari 20 minggu. Keguguran sendiri bisa ditandai dengan adanya nyeri perut, kram, sakit punggung dan perdarahan dari kemaluan. Pemicunya sendiri beragam mulai dari faktor kesehatan ibu, gangguan organ reproduksi, kebiasaan tertentu seperti merokok, efek obat-obatan dan lainnya.

Keguguran sendiri dapat menimbulkan efek pada tubuh dan juga beban pada psikis sehingga pasca keguguran perlu pemulihan fisik dan mental agar kembali siap untuk bisa hamil kembali. Apabila terjadi keguguran maka perlu dipastikan bahwa sisa kehamilan tidak ada lagi di rahim, karena jika ada sisa sel atau jaringan kehamilan bisa memicu perdarahan.

Perdarahan yang lebih dari 1 bulan sendiri perlu diperiksakan dimana jika masih tetap berlangsung perlu dilakukan USG. Jika masih ada jaringan sisa bisa dilakukan tindakan pembersihan dengan metode kuret. Untuk itu perlu memeriksakan diri pada dokter kandungan untuk memastikannya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AO
16 Jan 2020, 14:46
Jual obat aborsi asli 100 persen original cytotec whatsapp 0821 4469 1900Obat cytotec telah mampu dan di percayai ampuh menggugurkan kandungan usia 1 -7 bulan tuntas dengan aman dan bersih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertumbuhan janin terhambat (PJT) bisa diantisipasi melalui pemeriksaan kehamilan secara rutin

Apa Saja Kondisi Ibu Hamil yang Jadi Penyebab Janin Tidak Berkembang?

Intrauterine Growth Restriction (IUGR) atau yang dikenal dengan Pertumbuhan Janin Terhambat (PJT) disebabkan oleh janin yang tidak mengalami pertumbuhan sesuai usia kandungan ibu dan mengakibatkan berat badan bayi lahir rendah.