Pemeriksaan mikroskopis gambaran sumsum tulang belakang

D Info Penanya: D
Bagaimana cara pemeriksaan mikroskopis gambaran sum sum tulang belakang. Apa saja reagen yg diperlukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi D,

Pemeriksaan mikroskopis sumsum tulang belakang dilakukan untuk menilai ada tidaknya kelinan pada komponen pembentukan darah dimana dapat dilakukan atas indikasi seperti kelainan eritrosit contohnya anemia, pansitopenia, kelainan leukosit seperti mieloproliferatif, limfoproliferatif, kelainan trombosit, keganasan, pemeriksaan untuk memantau pengobatan seperit kemoterapi dan lainnya. 

Pada pemeriksaan mikroskopis sendiri dapat dilakukan pemeriskaan hitung jenis sel, kelainan morfologi sel, pembentukan sel atau maturasi sel dan lainnya. Sampel pemeriksaan diambil dengan aspirasi atau biopsi. Sediaan di ambil dan digunakan antikoagulan K3EDTA. Untuk membuat sediaan hapus sendiri menggunakan reagen seperti Wright, May Grundwald Giemsa ataupun reagen lain sesuai pemeriksaan atau misalnya menggunakan pewarnaan sitokimia seperti NAP, peroksidase, sudan black B, PAS, dan lainnya.

Untuk itu agar lebih jelas mengenai cara dan reagen yang diperlukan kami juga menyarankan untuk membaca buku teks dan pedoman-pedoman mengenai pengambilan sampel agar mendapatkan kejelasan dan juga prosedur baku yang sesuai standar. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses pembekuan darah mulai terjadi ketika ada pembuluh darah yang robek ketika Anda terluka

Begini Proses Pembekuan Darah Sehingga Perdarahan Terhenti pada Luka

Proses pembekuan darah adalah upaya tubuh dalam mencegah perdarahan besar yang berbahaya. Jika ada kelainan pada sistem yang mengontrol pembekuan darah, dampaknya adalah komplikasi yang membahayakan nyawa.