Pemeriksaan kesehatan sebelum menikah

VT Info Penanya: VT, Pria, 25 Tahun
Dear Dokter,sebaiknya check up atau tes laboratorium apa yang harus dilakukan terkait dengan program hamil? Saya pernah dengar tes Laboratorium TORCH dan Suntik TT. Saya akan menikah sebulan mendatang (April 2016). Mohon bantuan dan informasinya, Terima kasih.Best Regards
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu VT,

Pemeriksaan pra nikah (Medical Check Up Pra Nikah) merupakan pemeriksaan yang sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan, walaupun pemeriksaan inibelum egitu populer di Indonesia. Dibutuhkan kepercayaan dan kekuatan cinta dari masing-masing pasangan bila kemudian ditemukan penyakit atau indikasi kelainan yang harus diketahui sebelum melangkah kepada komitmen sumur hidup.

Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan oleh pria dan wanita, bukan hanya salah   seorang saja.

Pemeriksaan laboratorium dasar yang harus dilakukan adalah :

  1. Pemeriksaan darah rutin dan Golongan darah, untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit kelainan darah seperti Haemofilia dan Thalasemia. Pemeriksaannya adalah :  Hematologi Rutin, Analisis Hb HPLC, Golongan darah ABO, Rhesus Faktor
  2. Laju Enap Darah (LED) untuk mengetahui ada tidaknya proses infeksi lama
  3. Urine rutin untuk mengetahui fungsi ginjal dan saluran kemih
  4. Pemeriksaan Gula Darah untuk mengetahui kemungkinan penyakit Diabetes Melitus (kencing manis) yaitu Pemeriksaan Glukosa sewaktu, Glukosa puasa dan Glukosa 2 jam PP
  5. Pemeriksaan Hepatitis B yaitu HbsAG
  6. Pemeriksaan VDLR/RPR untuk mengetahui adanya kemungkinan penyakit sifilis.
  7. Tes HIV untuk mendeteksi ada tidaknya infeksi virus HIV dan AIDS
  8. Pemeriksaan TORCH untuk mendeteksi infeksi yang disebabkan parasit Toxoplasma, virus Rubella, virus Cytomegalo (CMV), dan virus Herpes yang bila menyerang pada perempuan di masa kehamilan pada janin (cacat janin), dan kelainan prematur. Pemeriksaan mencakup : Toxoplasma IgG, CMV IgG, Rubella IgG.

Untuk pemeriksaan di butir 8 hanya khusus untuk wanita, begitu juga dengan imunisasi TT (Tetanus Toxoid) yang dapat diperoleh dengan harga murah di Puskesmas atau Bidan Delima terdekat.

Biaya yang dibutuhkan memang masih tergolong mahal (sekitar 1 sampai 2 juta rupiah perorang) namun hal ini sesuai dengan hasil yang diperolah.

Sebaiknya lakukan juga kontrol dan konsultasi dengan Dokter Spesialis kebidanan dan Kandungan (SpOG) mulai sekarang untuk persiapan kehamilan nanti.

Selamat menuju hidup baru, semoga bahagia selamanya untuk Ibu dan pasangan.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebagian pasangan melakukan program hamil agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya

Ingin Merencanakan Program Hamil yang Sukses? Ikuti Tips Ini

Mendapatkan anak merupakan salah satu keinginan terbesar bagi setiap pasangan. Sebagian pasangan bahkan melakukan program hamil khusus agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar program kehamilan berjalan sukses.