Pemeriksaan HIV dengan imunoserology apakah sudah akurat dok?

RI Info Penanya: RI, Pria, 2019 Tahun
Halo dok, saya telah memeriksa darah dengan hasil tes hiv non reactive selama 6 bulan apakah itu sudah akurat dok? Saya tes memakai imunoserology ,terimakasih dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RI

Terima kasih atas pertanyaannya.

Tes HIV semakin lama semakin sensitif dan akurat. Pada HIV memang ada waktu yang disebut window period antara kemungkinan paparan sampai dengan hasil tes menjadi positif. Namun untuk tes HIV terbaru menggunakan antigen atau antibodi waktunya hanya 4 minggu pada 95% kasus HIV dan 3 bulan pada 5% kasus. Jadi dianggap bahwa hasil pemeriksaan adalah status HIV 3 bulan yang lalu. Bila selama 6 bulan Anda tes selalu negatif jadi kemungkinannya memang negatif. Bisa juga selain immunoserologi, Anda melakukan pemeriksaan daya tahan tubuh anda yaitu CD4 dan CD8 bila hasilnya baik maka kemungkinan Anda memang tidak terpapar.

Virus HIV juga lebih mudah tertular melalui darah seperti penggunaan jarum suntik, anal seks atau oral seks dibandingkan dengan hubungan seksual biasa. Berikut artikel mengenai beberapa informasi fakta HIV yang bisa Anda baca.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan obat oles merupakan cara mengobati herpes yang dinilai cukup efektif

Beragam Cara Mengobati Herpes Simplex Tipe 2 yang Tepat

Penyakit kulit herpes simplex tipe 2, merupakan salah satu penyakit menular seksual yang sering terjadi. Meski tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, namun cara mengobati herpes yang tepat, dapat membantu meredakan gejala yang dirasakan, serta mempersingkat masa aktif virus.