Pemberian vitamin pada lansia dan asam urat

DC Info Penanya: DC, Pria, 19 Tahun
Bagaimana penggunaan yang tepat untuk konsumsi suplemen seperti gnc calcium , neocell super collagen + c? Apalgi untuk lansia yg sdh bbrpa pnykit mislnya asam urat. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DCM.

Konsumsi suplemen, terutama untuk lansia, harus diperhatikan karena berhubungan dengan organ-organ tubuh yang memetabolismenya, seperti hati (liver) dan ginjal. Pada lansia fungsi-fungsi organ sudah menurun, sehingga terkadang pemrosesan asupan vitamin tidak berjalan dengan baik.

Yang perlu dilakukan adalah konsultasi ke dokter terlebih dahulu apakah seseorang memerlukan vitamin atau tidak. Karena mengonsumsi vitamin dengan jumlah dan jangka waktu tertentu tanpa indikasi justru malah merugikan tubuh. 

Pada orang tua biasanya vitamin-vitamin ini diperlukan: 

Vitamin D, kalsium, magnesium, omega 3, vitamin B12 dan glukosamin. 

Jika vitamin-vitamin tersebut dapat diperoleh melalui nutrisi sehari-hari, maka tidak diperlukan suplementasi tambahan. Namun, terkadang karena fungsi penyerapan nutrisi pada lansia yang kurang baik, suplementasi dibutuhkan. Sekali lagi, konsultasikan ke dokter Anda agar pemberian vitamin sesuai dengan keadaan tubuh.

Asam urat tinggi

Keadaan ini disebut juga hiperurisemia. Asam urat sebenarnya normal dan dibutuhkan tubuh, namun jika jumlahnya berlebihan akan berdampak negatif. Kondisi ini terjadi karena fungsi ginjal yang menurun, sehingga tidak bisa mengeluarkan asam urat melalui urine dengan normal.

Kondisi asam urat yang tinggi dan pemberian vitamin harus dikonsultasikan dulu ke dokter agar aman.

 

Salam sehat.

dr. Anandika Pawitri

 

 

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

hindari makan daging untuk mencegah asam urat naik

5 Jenis Makanan dan Minuman Pemicu Asam Urat yang Sebaiknya Dihindari

Bagi Anda penderita asam urat, sebaiknya hindari makanan yang mengandung purin tinggi. Lantas, apa saja jenis makanan pemicu asam urat yang sebaiknya dihindari?