Pemberian vitamin A pada anak

LI Info Penanya: LI, Wanita, 2019 Tahun
Dok anak saya berumur 22 bulan kemaren tangl 2 agustus sudah di kasih vitamin A sama puskesmas trus ini di posyandu di kasih lagi.. gimana dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat  malam L

Pada anak pemberian vitamin A dilakukan untuk mencegah terjadinya xeroftalimia atau mata kering akibat kurang vit A.

Dosis yang diberikan pada anak usia 22 bulan biasanya 200.000 unit. Melalui program pemerintah pemberian vitamin A biasanya dilakukan pada bulan Februari dan Agustus di Posyandu dan Puskesmas. 

Apabila sudah pernah diberikan, maka dalam waktu dekat seharusnya tidak perlu diberikan kecuali terdapat indikasi khusus seperti sedang mengalami infeksi campak yang dapat membuat mata xeroftalmia pada anak atau setelah berkonsultasi dengan dokter dengan indikasi tertentu.

Jika terdapat keluhan seperti sakit perut, muak, lemas, radang mata sebagai efek samping pemberian berlebih Vitamin A, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Jika tidak ada keluhan maka anda sebaiknya menunggu jadwal pemberian selanjutya di Posyandu atau Puskesmas.

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemberian vaksin HiB dapat mencegah penyakit meningitis dan pnemumonia akibat bakteri HiB

Vaksin Hib, Pencegah Meningitis dan Pneumonia pada Bayi

Pemberian vaksin HiB dapat mencegah meningitis maupun pneumonia akibat bakteri HiB. Imunisai HiB dilakukan saat bayi berusia 2, 4, dan 6 bulan serta diulang pada usia 18 bulan.