Pemberian ulang ibuprofen pada anak demam

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Hai dokter, izin bertanya ya. Anak saya demam dan saya berikan obat ibuprofen. Sempat dia ludahkan setelah obatnya tertelan, kemudian saya berikan kembali setelahnya. Apakah aman memberikan ulang ibuprofen jika sudah dimuntahkan obatnya oleh anak? Berapa lama normalnya dok memberi anak obat kembali? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Ibuprofen adalah salah satu obat golongan OAINS (Obat Anti Inflamasi Non Steroid) yang bisa dipakai untuk meredakan demam dan mengurangi nyeri selain paracetamol. Obat ini dijual bebas namun pemakaiannya sebaiknya dibatasi, karena pada penderita yang sensitif, dapat menimbulkan keluhan di lambung seperti perih, mual, hingga muntah.

Pada kasus anak Anda dimana setelah obat diminum namun dimuntahkan, bila muntah yang dikeluarkan cukup banyak dan sekiranya obat terbuang dalam waktu kurang dari 30 menit, maka obat boleh diulang. Namun bila yang dimuntahkan hanya air liur atau dahak atau muntah setelah 30 menit pemberian obat, maka obat tidak perlu diulang. Obat dapat dikonsumsi selama masih demam setiap 6-8 jam sekali.

Selain pemberian obat penurun demam, Anda juga perlu melakukan hal berikut ini untuk mengatasi demam anak Anda :
  1. Beri minum air putih lebih banyak.
  2. Kompres dahi, ketiak, dan lipat paha menggunakan air hangat.
  3. Hindari pemakaian baju atau selimut yang terlalu tebal.
  4. Berikan makanan berkuah seperti sop, bakso agar mudah ditelan dan dapat menghangatkan tubuh.
  5. Berikan air madu.

Anda perlu lebih waspada bila ada riwayat kejang pada anak Anda. Karena demam yang tinggi pada anak usia dibawah 5 tahun lebih rentan untuk terjadi kejang yang disebut dengan istilah kejang demam. Bila anak Anda demam tinggi diatas 39oC, ada baiknya segera berikan paracetamol suppositoria yang diberikan lewat dubur sesuai dengan berat badan anak Anda, karena efeknya akan lebih cepat dibanding obat yang diminum langsung.

Bila keluhan demam menetap lebih dari 3 hari, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter anak, mungkin memerlukan pemeriksaan cek darah untuk memastikan penyebab demamnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penangan anak kejang harus dilakukan dengan baik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan

10 Langkah Penanganan Anak Kejang Tanpa Harus Panik

Penanganan anak kejang yang tepat harus dilakukan oleh orang tua agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Meletakan anak di lantai dan membaringkan anak degan posisi miring dapat membantu penanganan pada anak kejang.