Pemberian Imunisasi Kepada Anak yang Sedang Sakit

K Info Penanya: K, Wanita, 29 Tahun
Selamat pagi dokter, bayi saya yang berusia dua bulan sedang batuk, sementara bayi saya belum diberikan vaksin BCG. Apa saya harus menunggu sampai batuknya sembuh dulu baru saya berikan vaksin BCG? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Ibu K,

Sebaiknya Ibu mengunjungi Dokter Spesialis Anak (SpA) untuk mengobati sakit yang saat ini anak alami. Segera setelah sembuh barulah anak di berikan imunisasi BCG. Karena pemberian imunisasi adalah memasukan kuman yang dilemahkan ke dalam tubuh anak, untuk merangsang terbentuknya antibodi oleh tubuh terhadap jenis vaksin yang diberikan.

Jadi bila anak terpapar atau kemungkinan terinfeksi jenis penyakit ini di kemudian hari, reaksi sakit tidak akan terlalu parah karena tubuh sudah mengenali kumannya dan sudah mempunyai antibodi terhadap kuman penyakit tersebut. Sehingga saat dilakukan imunisasi, anak harus dalam kondisi tubuh yang sehat.

Jangan lupa melengkapi imunisasi anak sesuai jadwalnya.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vaksin meningitis adalah tindakan paling efektif dalam mencegah meningitis pada bayi atau anak

4 Langkah Efektif Mencegah Meningitis pada Bayi dan Anak-Anak

Penyakit meningitis adalah penyakit yang mematikan untuk anak-anak. Suntik vaksin meningitis, imunisasi PCV, hingga cara alami seperti menaikkan daya tahan tubuh merupakan beberapa tindakan yang membantu mencegah meningitis pada bayi atau anak-anak.