Pembengkakan tiroid dan apakah ada efek samping pasca operasi?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 25 Tahun
Halo dokSaya punya masalah pembengkakan tyroid saya pengguna BPJS saran dokter yang menangani saya harus diangkat. Namun saat jadwal operasi kebetulan bertepatan dengan saya harus keluar kota jadi saya tidak menghadiri jadwal tersebut.Saya berencana cek up ulang supaya mendapat jadwal operasi kembali.Tapi saya saya masih ragu apakah akan ada efek samping pasca operasi atau tidak dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AN,

Gangguan pada kelenjar tiroid ada beragam jenisnya dimana beberapa diantaranya menimbulkan pembengkakan dan peningkatan atau penurunan kadar hormon tiroid pada tubuh sehingga bisa menimbulkan sejumlah gejala mulai dari penurunan berat badan, haid tidak teratur, tubuh gemetar, kelelahan, nyeri otot dan kram, benjolan di leher dan beragam gejala lainnya. Jika tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan ketidak seimbangan hormon tiroid dalam tubuh dimana bisa menimbulkan komplikasi yang dapat berbahaya.

Jika terjadi peningkatan kadar hormon tiroid, pembengkakan kelenjar dan menimbulkan gejala yang mengganggu maka pengangkatan tiroid merupakanpenanganan yang dapat dilakukan. Teknik dan teknologi kedokteran saat ini sudah sedemikian modernnya sehingga risiko tindakan dapat diminimalisir.

Pasca operasi sendiri dalam beberapa waktu tentunya perlu menjaga bekas luka operasi agar tidak terjadi infeksi pada bekas luka operasi. Nantinya juga karena kelenjar tiroid sudah diangkat maka perlu mengonsumsi obat pengganti hormon tiroid seumur hidup untuk menghindari kondisi kekurangan hormon tiroid yang juga bisa menimbulkan gejala. Jika memang saat ini berhalangan pada jadwal operasi maka sebaiknya segera kontrol kembali pada dokter yang menangani Anda dan menjadwalkan ulang agar segera mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kelenjar tiroid bisa menjangkiti pria maupun wanita, tetapi penyakut kelenjar tiroid sering diderita oleh wanita

Para Wanita Harus Berhati-Hati dengan Penyakit Kelenjar Tiroid

Penyakit kelenjar tiroid perlu diwaspadai oleh kaum wanita. Dampaknya tidak hanya seputar menstruasi, tetapi juga berpengaruh terhadap kehamilan.