Kenapa bisa ada pembengkakan pipi sebelah kanan?

RD Info Penanya: RD, Wanita, 26 Tahun
dulu saya sering sakit gigi dan berlubang dibiarin aja, sampe dicabut lalu gusi bengkak dan pipi bengkak sebelah hingga bertahun tahun. bagaimana pejelasannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RD,

Pembengkakan pipi bisa terjadi karena beragam hal mulai dari adanya infeksi pada gigi, gigi berlubang, infeksi gusi ataupun bisa terjadi karena benturan atau trauma pada pipi tersebut.

Jika sebelumnya pernah ada gigi berlubang dan dilakukan pencabutan kemudian bengkak bisa terjadi juga karena perubahan pada otot pipi bisa karena proses peradangan ataupun karena kebiasaan makan dengan sebelah rahang yang lebih dominan. 

Jika dirasa mengganggu ada baiknya memeriksakan diri pada dokter atau dokter gigi agar diketahui penyebabnya. Jika ternyata masih ada infeksi di tempat lain juga bisa menjadi pemicunya. Untuk itu penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumur serta periksakan diri pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh LJ
21 Feb 2020, 02:21
Hai dokter mau tanya pagi - siang pipi dan gigi ku tidak terasa sakit kok sore ny sakit ya dokter gigi ku gak ada yang sakit tapi kok pipi ku yang nyeri sakit gimana cara mengobatinya dok
Dibalas oleh N
22 Feb 2020, 01:49
Dulu saya pake behel habis itu syaa lepas , gigi atas saya EMG berlubang dari dulu, keseringan saya sakit gigi pas saya lagi makan, trus kmren saya sakit gigi lagi aga bengkak pipi saya, trus skrgg pipi saya bengkak ,tapi saya tidak merasakan sakit gigi itu gimana ya dok? Kalo di pegang aga ngilu gtuu tapi gada benjolan?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi keropos disebabkan oleh lapisan enamel gigi yang rusak atau menipis

Penyebab Gigi Keropos yang Mungkin Tidak Anda Sadari Sebelumnya

Gigi keropos disebabkan oleh lapisan enamel gigi yang rusak atau menipis. Penyebab gigi keropos, antara lain mengonsumsi soda berlebihan, mulut kering, hingga refluks asam lambung.