Pembengkakan pada wajah bagian bibir dan sekitarnya

EA Info Penanya: EA, Wanita, 14 Tahun
permisi dok? saya sering mengalami pembengkakan pada wajah, terutama bagian bibir dan sekitarnya. pernah konsul ke dokter, katanya alergi waktu itu aku dikasih tau kalo aku alergi minuman YOUC1000 tapi sekarang terjadi pembengkakan yang sama lagi, tapi saya tidak mengkonsumsi minuman tersebut, kemungkinan karena apa ya dok? terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang EA,

Terjadinya bengkak pada area wajah dan sekitarnya dapat dipicu oleh beberapa faktor pencetus dimana hal ini berkaitan dengan alergi. Reaksi alergi sendiri memiliki pemicu yang sangat beragam dan bervariasi pada tiap individunya untuk itu penting untuk memperhatikan apa yang dapat menimbulkan alergi pada diri kita dan mencatatnya agar dihindari untuk mencegah timbulnya gejala. Beberapa yang dapat menjadi pemicu alergi dan bengkak di bibir diantaranya:

  • Alergi makanan atau minuman tertentu
  • Alergi kosmetik atau produk kecantikan tertentu
  • Alergi dingin atau panas
  • Gigitan serangga
  • Infeksi pada area sekitar bibir

Jika keluhan timbul beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat antihistamin, mengompres bagian yang nyeri dan bengkak dengan kompres dingin, dan jika keluhan alergi yang lebih berat seperti bibir dan mata bengkak, sesak, keringat dingin, tangan dan kaki dingin, pingsan maka perlu untuk segera dilakukan penanganan di fasilitas kesehatan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biduran merupakan salah satu ciri-ciri alergi

Ini Ciri-Ciri Alergi pada Kulit yang Mudah Dikenali

Ciri-ciri alergi bisa muncul di mana saja, terutama kulit. Ada yang gejalanya ringan, ada pula yang sangat berat hingga bisa menyebabkan kematian. Salah satu ciri-ciri alergi yang dapat dirasakan adalah biduran.