20 May 2020, 03:42Kulit & Kelamin

Pembengkakan pada vagina

S
Info Penanya: S0
Halo Dokter saya mau konsultasi saya beberapa kali mengalami pembengkakan dan peradangan pada bagian luar vagina dan terdapat bagian seperti benjolan. Saya coba obati dengan kompres air hangat justru semakin parah kemudian saya coba air dingin dan lebih baik. Namun terkadang terasa sangat menyakitkan apalagi saat akan pecah. Setelah pecah mengeluarkan darah bukan nanah. Apabila benjolan atau radang in tumbuh akan d sertai dengan ada nya benjolan pula di bagian dalam dekat selangkangan.
17434 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam SL,Benjolan pada vagina adalah keluhan yang bisa timbul karena beragam hal seperti diantaranya seperti adanya kista baik kista bartholin atau kista vagina, pelebaran pembuluh darah vagina atu varises ataupun bisa masalah karena penyakit kelamin seperti kutil kelamin atau herpes genitalis.Apabila keluhan benjolan dan pembengkakan sering kali berulang, ada baiknya memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan misalnya pemeriksaan USG.Apabila pernah pecah, bisa berpotensi menimbulkan infeksi dan juga perdarahan. Jadi ada baiknya hindari memecahkan atau menekannya. Sementara jika nyeri bisa dilakukan beberapa hal yaitu:
  • Kompres dengan air hangat
  • Mandi berendam air hangat
  • Membersihkan bagian yang benjolan dan menjaganya tetap kering, jika pecah dan berdarah tutup dengan kassa steril
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol
Nantinya jika disebabkan oleh kista, maka akan dilakukan tindakan baik pengempisan kista dengan mengambil cairan di dalamnya ataupun bisa dilakukan operasi untuk mengangkat kantung kista tersebut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kistakelamin perempuankista bartholin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil