Pembengkakan pada testis, bagaimana terapinya ?

TR Info Penanya: TR, Pria, 18 Tahun
Dok berarti pembengkakan pada testis yang saya alami adalah pembekakan yang di alami Karna infeksi itu bisa ilang sendiri atau gmna dok? Apakah harus memakai tritmen lainya untuk menyembuhkan bengkak nya? Kalo rasa nyeri,sakit,nyut nyutan dan lain sebagainya sudah tidak ada dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TR.

Pembengkakan testis merupakan keluhan yang dapat terjadi karena berbagai faktor yang meliputi radang, infeksi trauma ataupun pertumbuhan sel abnormal yang jinak maupun ganas. Selain testis, kantong pembungkusnya yang dikenal dengan skrotum pun dapat membengkak.

Berikut beberapa penyebab dari pembengkakan testis, diantaranya adalah :

  • cedera atua trauma
  • torsio testis
  • tumor testis
  • orkitis
  • epididimitis
  • varikokel
  • hidrokel
  • hernia
  • penumpukan cairan akibat gagal jantung dan ginjal
  • abses skrotum

Mengenai pertanyaan Anda, perlu terlebih dahulu diketahui penyebab dari pembengkakan testis yang Anda alami untuk menentukan terapi yang dibutuhkan. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut yang juga akan memberikan informasi tentang derajat keparahannya, sehingga akan menentukan urgensi terapi, apakah harus dilakukan segera atau masih dapat ditunda. Untuk keadaan infeksi, perlu juga diketahui infeksi yang terjadi karena bakteri atau virus karena terapinya pun dapat berbeda dan umumnya jika disebabkan infeksi bakteri, diperlukan terapi antibakteri khusus sesuai dengan kemungkinan bakteri penyebabnya.

Untuk sementara jika rasa nyeri dan keluhan lainnya sudah tidak ada, terkait dengan keadaan karantina virus corona, pemeriksaan dapat ditunda dan Anda dapat mencoba mengompres bagian yang bengkak dengan air hangat. Akan tetapi jika keluhan tidak kunjung membaik dalam waktu seminggu kedepan, ada baiknya ada memeriksakan diri. Jika sulit untuk menjangkau dokter Spesialis Urologi, Anda dapat mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat terlebih dahhulu. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kaki bengkak setelah melahirkan dapat diatasi dengan berbagai cara

Atasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan dengan Langkah-langkah Ini

Saat hamil, beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan, terutama pada kaki. Kondisi pembengkakan ini bahkan bisa kembali muncul setelah Anda melahirkan. Bagaimana cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan?